Tim Medis RS Ummi Kecam Tindakan Wali Kota Bogor Bima Arya

- 29 November 2020, 10:26 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) akan sambangi RS UMMI untuk meminta klarifikasi penolakan tes swab Habib Rizieq Shihab (HRS).
Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) akan sambangi RS UMMI untuk meminta klarifikasi penolakan tes swab Habib Rizieq Shihab (HRS). /Kolase foto hasil tangkapan layar Youtube Front Tv dan Instagram @bimaaryasugiarto

 

CERDIK INDONESIA – Tim Medis RS Ummi yang menangani Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, bernama MER-C mengecam perlakuan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Hal ini mengacu pada tindakan Bima yang mengungkap kondisi medis Rizieq Shihab dan pernyataan akan mendatangi RS Ummi agar Rizieq mau diswab.

"MER-C mengirim beliau untuk beristirahat di RS. Namun mendapatkan perlakuan yang kurang beretika dan melanggar hak pasien dari wali kota Bogor dengan melakukan intervensi terhadap tim medis yang sedang bekerja, sehingga mengganggu pasien yang sedang beristirahat," tutur Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad dalam keterangan tertulis, Minggu 29 November 2020.

Baca Juga: Tim Medis RS Ummi Sebut Wali Kota Bogor Bima Arya Tak Beretika

Baca Juga: Luhut Berempati Atas Ditangkapnya Edhy Sebut KPK Jangan Berlebihan

Lebih jauh Sarbini juga mengungkapkan kekecewaannya perihal tindakan Bima Arya yang melanggar etika kedokteran.

"Wali kota Bogor juga tidak beretika dalam mempublikasi kondisi pasien kepada publik, sehingga menimbulkan kesimpangsiuran dan keresahan bagi masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya Sarbini menambahkan Bima perlu untuk mengerti dan mempelajari etika kedokteran, dimana tim medis harus menghargai hak pasien untuk menerima atau menolak upaya pemeriksaan dan pengobatan tanpa intervensi atau tekanan dari publik.

Baca Juga: Mendikbud Tidak Wajibkan Siswa Untuk Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Halaman:

Editor: Arjuna


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x