Tuai Banyak Kritik, FIFA Perbaiki Sistem VAR

- 20 November 2020, 18:56 WIB
Trofi Piala Dunia kelompok umur milik FIFA.
Trofi Piala Dunia kelompok umur milik FIFA. /FIFA

CERDIK INDONESIA – Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) telah meminta perusahaan teknologi untuk meningkatkan kapasitas visual dalam Video Assistant Referee (VAR) guna lebih meringankan kerja wasit dan ofisil dalam memandu jalannya pertandingan.

Adanya perbaikan sistem dikarenakan VAR sudah terlalu sering mendapatkan kritikan menyusul maraknya keputusan yang dipandang kontroversial di berbagai liga papan atas Eropa.

Dalam upaya peningkatan sistem tersebut, seperti dilansir dari Reuters, FIFA akan memberikan "anonymised datasets" dari keputusan, misalnya, tentang offside kepada perusahaan terkait.

Baca Juga: UPDATE: FIFA Perkenalkan Peraturan Cuti Hamil bagi Pemain Wanita

FIFA juga mengatakan bahwa tiga perusahaan dalam bidang teknologi telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan teknologi VAR dalam rangka meningkatkan proses reka ulang atas insiden offside di lapangan.

"Tujuan dari fase pengembangan ini adalah untuk lebih meningkatkan algoritma sistem yang didasarkan pada kumpulan-kumpulan data dari ratusan insiden offside yang berbeda," kata FIFA yang dikutip dari Reuters.

Dalam rilisnya, FIFA juga menjelaskan adanya pembahasan untuk mengembangkan konsep "VAR light”.

Konsep yang bertujuan menciptakan teknologi yang lebih terjangkau agar dapat diterapkan di semua level permainan di liga-liga di seluruh dunia.

Baca Juga: UPDATE: Jadwal Piala Dunia Antarklub FIFA Mundur

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x