Seperti 'Dipenjara' di Hotel: Begini Ketatnya Peneliti Asing Menghadapi Karantina di Jepang

- 4 November 2021, 15:04 WIB
Ilustrasi tes Covid-19.
Ilustrasi tes Covid-19. /Pixabay/Peggychoucair/

CerdikIndonesia - Peneliti asing yang diterima baru-baru ini oleh lembaga yang berafiliasi dengan pemerintah Jepang harus mengikuti aturan karantina COVID-19 yang lebih ketat daripada sebaliknya dan telah "dipenjara" di kamar hotel mereka sejak kedatangan mereka di Jepang, orang-orang dengan pengetahuan tentang situasi tersebut mengatakan Rabu.

Lebih dari 50 peneliti pada sebuah program oleh Japan Foundation tidak diizinkan untuk meninggalkan kamar mereka sama sekali hingga 15 hari setelah kedatangan mereka di Jepang dan penjaga keamanan berjaga-jaga untuk menangkap pelanggar aturan, kata orang-orang itu.

Para ulama tiba di Jepang pada 28 Oktober dan tinggal di sebuah hotel dekat bandara Narita untuk dikarantina.

Baca Juga: Jepang Akan Melonggarkan Aturan Karantina Menjadi 3 Hari Untuk Pelancong Bisnis

Masuknya mereka disetujui sebagai pengecualian karena Jepang mempertahankan pembatasan perjalanan karena pandemi. Tetapi perlakuan mereka memicu reaksi dari beberapa peneliti yang berpartisipasi yang membandingkannya dengan disimpan di "penjara mewah" atau menggambarkannya sebagai kasus "xenophobia."

Menanggapi penyebaran virus corona, Jepang telah memberlakukan pembatasan perjalanan yang ketat seperti yang dilakukan negara-negara lain. Tetapi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa telah memudahkan mereka untuk menerima peneliti asing di tengah peningkatan situasi COVID-19.

Japan Foundation, yang berafiliasi dengan Kementerian Luar Negeri Jepang, melakukan program pertukaran budaya secara global dan mengundang para sarjana dalam studi Jepang dari luar negeri.

Baca Juga: Bali Kembali Dibuka Bagi Wisatawan Mancanegara, Sejumlah Hotel Disiapkan Menjadi Tempat Karantina

Seorang pejabat yayasan mengakui bahwa itu adalah "prasyarat" yang ditetapkan oleh otoritas Jepang yang relevan dan harus diikuti sehingga program dapat dilanjutkan.

Jepang telah menetapkan masa karantina 14 hari bagi mereka yang memasuki Jepang, terlepas dari kebangsaan, dan mereka diminta untuk menahan diri dari tamasya yang tidak mendesak.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x