Menhan Prabowo Subianto Beli Alutsista Rp1.7 Triliun, TB Hasanuddin: Alutsista TNI 70 Persen Sudah Tua

- 30 Mei 2021, 20:45 WIB
Video yang beredar soal tuduhan mafia alutsista di Kementerian Pertahanan, yang membuat Prabowo Subianto kaget.
Video yang beredar soal tuduhan mafia alutsista di Kementerian Pertahanan, yang membuat Prabowo Subianto kaget. /Tangkap layar youtube.com/Skema Politik via Turn Back Hoax/

CERDIKINDONESIA - Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto mengalokasikan anggaran alutsista sebesar Rp1.760 trilun pada tahun 2021. 

Anggota DPR RI Komisi I Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin membantah tudingan yang menyebutkan ada kerugian negara dari rencana Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

TB Hasanuddin menjelaskan bahwa anggaran tersebut baru sebatas rencana awal dan belum masuk ketahap pembelian atau pengadaan.

 

Baca Juga: TB Hasanuddin Soroti Kesejahteraan TNI, Apa Sebabnya?

Rencana Menteri Pertahanan menganggarkan Rp1760 triliun untuk pengadaan alutsista, harus mendapat persetujuan Presiden, Menkeu dan DPR. 

"Karena itu kan baru konsep perencanaan awal, belum masuk pada tahap pembelian/pengadaan . Kerugian negara bagaimana , anggarannya saja kan masih dihitung. Bahkan mendapat persetujuan pun belum," katanya, Minggu 30 Mei 2021.

Ia menambahkan, bila Menkeu menyetujui rencana pengadaan alutsista ini walau tak sepenuhnya, tentu akan sangat mengakselerasi modernisasi alutsista TNI secara signifikan dan memiliki effeck deterent yang tinggi.

"Tentu kita semua berharap dalam pengadaan nanti tetap memperhatikan akuntabilitas dan sesuai  dengan kebutuhan user (pemakai) dalam hal ini TNI," tandasnya. 

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x