Tommy Sumardi Ungkap Penyerahan Suap Rp7 Miliar ke Irjen Napoleon Bonaparte, Dolar AS dan Singapura

- 9 Desember 2020, 08:20 WIB
Djoko Tjandra: Sidang kasus Djoko Tjandra kembali di gelar dan dia menyebutkan bahwa keterangan saksi (Tommy Sumardi) sangat merugikannya.
Djoko Tjandra: Sidang kasus Djoko Tjandra kembali di gelar dan dia menyebutkan bahwa keterangan saksi (Tommy Sumardi) sangat merugikannya. /ANTARA/Adam Bariq

CERDIKINDONESIA - Pengusaha Tommy Sumardi yang merupakan rekan Djoko Tjandra mengungkapkan proses penyerahan uang Rp7 miliar kepada mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Inspektur Jenderal Napoleon Bonaparte.



"Yang diserahkan ke Pak Napoleon kurang lebih Rp7 miliar dalam bentuk 300 ribu dolar AS dan 200 ribu dolar Singapura. Bagi saya lebih baik lebih (nilainya) dibanding kurang nanti dikira saya makan hak orang," kata Tommy di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin 7 Desember 2020 malam.

 

Baca Juga: Tommy Sumardi Beberkan Kronologi Suap ke Irjen Napoleon dan Brigjen Prasetijo, Nanti Ada Orang Saya



Tommy menjadi saksi untuk terdakwa bekas Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Kakorwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo yang didakwa menerima suap senilai 150 ribu dolar AS (sekitar Rp2,2 miliar) dari terpidana korupsi "cessie" Bank Bali Djoko Tjandra agar menghapus nama Djoko Tjandra dari Daftar Pencarian Orang (DPO) yang dicatatkan di Direktorat Jenderal Imigrasi.



Menurut Tommy, uang Rp7 miliar itu ia berikan secara bertahap karena Tommy juga mendapatkan uang secara bertahap dari Djoko Tjandra melalui pembantunya yaitu sekretaris Djoko bernama Nurmawan Fransisca dan orang suruhannya bernama Nurdin.

 

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Disiapkan Untuk 1,2 Juta Tenaga Medis, Karena Kondisi Emergency Bukan Normal


"Pada 28 April 2020 saya ambil di hotel Mulia, lalu saya ke TNCC Mabes Polri kemudian saya kasih 200 ribu dolar Singapura ke Napoleon di kantornya. Lalu saya hubungi Pak Pras 'Bro uang 50 ribu dolar AS kemarin mana? Serahkan dong saya kasih 200 ribu dolar Singapura nih (ke Napoleon), lalu Pras datang dan menyerahkan uang itu di meja," ungkap Tommy.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah