Hati-Hati! Spotify Alami Kebocoran Data, Setel Ulang Sandi Pengguna Secara Berkala

- 26 November 2020, 09:56 WIB
Ilustrasi spotify.
Ilustrasi spotify. /Dok. The Sun

 

CerdikIndonesia – Spotify dilaporkan mengeluarkan pengaturan ulang kata sandi secara bergulir ke beberapa akun pengguna setelah ditemukannya indikasi kebocoran data.

Minggu ini, peneliti keamanan dari vpnMentor, Noam Rotem dan Ran Locar, mempublikasikan temuan mereka, di mana basis data Elasticsearch ditemukan terbuka selama proyek pemetaan web perusahaan.

Baca Juga: Gugatan Atas The Sun Ditolak, Johnny Depp Malah Terbukti KDRT

Sebanyak 72GB database berisi lebih dari 380 juta catatan.

"Termasuk kredensial login dan data pengguna lain yang divalidasi terhadap layanan Spotify," kata tim peneliti pada Kamis, 26 November 2011.

Baca Juga: Profil Singkat Maradona yang Tutup Usia di Umur 60 Tahun

Menurut vpnMentor, asal basis data tidak diketahui, tetapi bukan milik layanan streaming musik itu sendiri.

Sebaliknya, pihak ketiga yang membuat basis data mungkin telah menyusun catatan dari sumber lain seperti data yang dicuri atau platform lain. Untuk kemudian digunakan membajak akun pengguna.

Baca Juga: Napoli Berencana Lekatkan Nama Diego Maradona di Stadion San Paolo

"Kredensial ini kemungkinan besar diperoleh secara ilegal atau berpotensi bocor dari sumber lain yang digunakan kembali untuk menyerang kepercayaan publik terhadap Spotify," kata Rotem dan Locar.

Baca Juga: BMKG Prakirakan Jakarta Cerah Berawan dan Hujan

Sejumlah pengguna Spotify cukup terganggu dengan berita tersebut. Sekitar 300.000 hingga 350.000 akun terlibat dalam kebocoran data tersebut, di mana alamat email, Informasi Identitas Pribadi (PII), negara tempat tinggal, dan kredensial login, nama pengguna, dan kata sandi dapat dilihat.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Persilakan Ormas Tak Patuh MUI Angkat Kaki

Namun, perlu dicatat bahwa data yang bocor hanya terkait dengan sebagian kecil dari 299 juta basis pengguna aktif bulanan Spotify.

Sebelumnya, vpnMentor menemukan basis data pengguna bocor pada 3 Juli, dan setelah peninjauan, pihaknya menghubungi Spotify pada 9 Juli.

Baca Juga: Kebijakan Susi Pudjiastuti yang Ditenggelamkan Edhy Prabowo

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x