Netanyahu Diam-Diam Temui Putra Mahkota Saudi, Ada Apa dengan Israel dan Arab Saudi?

- 23 November 2020, 17:47 WIB
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo (kiri) berbincang dengan perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dalam kunjungannya ke Israel pada Kamis, 19 November 2020.*
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo (kiri) berbincang dengan perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dalam kunjungannya ke Israel pada Kamis, 19 November 2020.* /Twitter.com/@netanyahu/

CerdikIndonesia - Media Israel melaporkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam terbang ke Arab Saudi pada hari Minggu, 22 November 2020. Kunjungannya itu disinyalir untuk bertemu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

Baca Juga: Polresto Jaksel Kerahkan Dua Unit ‘Water Canon’ dan Satu Mobil Patroli di Tebet

Dilansir Aljazeera, jika berita itu dikonfirmasi benar maka akan menadai pertemuan pertama pejabat senior Israel dan Saudi.

Hal tersebut mengacu pada dorongan AS untuk meyakinkan negara-negara Arab agar menormalisasi hubungan dengan Israel.

Baca Juga: Simak Isi Pidato Panjang JK Tentang ‘Kekosongan Kepemimpinan’

Radio publik Kan Israel dan Radio Angkatan Darat juga melaporkan Kepala Agensi Intelijen Israel, Mossad Yossi Cohen juga menghadiri pertemuan.

Dilaporkan pertemuan diadakan di Neom di pantai Laut Merah Arab Saudi. Sampai saat ini, Arab Saudi dan Israel, maupun Amerika Serikut belum memberi komentar.

Baca Juga: 3 Alasan Rasulullah dan Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Pompeo telah membujuk Saudi mengikuti keputusan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain. Namun, tampaknya Saudi belum mau terlalu terbuka karena menginginkan adanya penyelesaian antara Israel dan Palestina terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x