Biden Jadi Presiden AS 2020, Bagaimana Kebijakan Timur Tengah AS Ke Depannya?

- 8 November 2020, 03:06 WIB
Joe Biden terpilih sebagai presiden Amerika Serikat
Joe Biden terpilih sebagai presiden Amerika Serikat /Instagram / Joe Biden/

CerdikIndonesia - Presiden Trump menguasai dua kutub Timur Tengah. Dia berusaha memberi penghargaan dan mengkonsolidasikan sekutu regional tradisional Amerika, sambil mengisolasi musuh-musuhnya di Teheran.

Baca Juga: Joe Biden Menang Pemilu AS, Muluskan Jalan Kerjasama Nuklir Iran dan AS?

Presiden terpilih Biden akan mencoba untuk mengubah kebijakan Timur Tengah AS kembali seperti dia meninggalkannya sebagai Wakil Presiden di bawah Barack Obama: Mengurangi "tekanan maksimum" kampanye Trump terhadap Iran dan bertujuan untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir 2015 yang ditinggalkan oleh Gedung Putih dua tahun lalu.

Baca Juga: Joe Biden Menang Pilpres AS, Pemimpin China Diam-Diam Kecewa, Ini Alasannya

Prospek itu membuat ngeri Israel dan negara-negara Teluk seperti Arab Saudi dan UEA. Seorang menteri Israel mengatakan dalam menanggapi kemungkinan kemenangan Biden bahwa kebijakan tersebut akan berakhir dengan "konfrontasi Israel-Iran yang kejam, karena kami akan dipaksa untuk bertindak".

Baca Juga: Joe Biden Menang Pilpres AS, Inilah Karier Politiknya yang Gagal Berkali-Kali Kampanye dari 1990-an

Hasilnya juga secara dramatis menggeser pendekatan AS terhadap konflik Israel-Palestina. Rencana Trump dipandang sangat menguntungkan Israel dan memberinya kesempatan untuk mencaplok bagian Tepi Barat yang diduduki. Itu ditangguhkan demi kesepakatan bersejarah untuk membangun hubungan antara Israel dan beberapa negara Arab.

Baca Juga: Ucapan Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS: Saya Akan Jadi Presiden untuk Semua Orang Amerika

Dorongan untuk "normalisasi" regional kemungkinan akan terus berlanjut di bawah Biden, tetapi dia mungkin mencoba memperlambat penjualan senjata AS yang kontroversial ke Teluk dan kemungkinan akan mencari lebih banyak konsesi Israel. Aneksasi sekarang tampaknya jelas tidak akan dibahas dan Biden juga akan keberatan dengan pembangunan permukiman Israel lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas

Sumber: BBC


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah