Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS 2020, OPEC Khawatir Muncul Ketegangan Soal Minyak

- 8 November 2020, 02:24 WIB
Joe Biden terpilih sebagai presiden Amerika Serikat
Joe Biden terpilih sebagai presiden Amerika Serikat /Instagram / Joe Biden/

CerdikIndonesia - Anggota kunci OPEC khawatir bahwa ketegangan dalam aliansi OPEC + dapat muncul kembali dengan Joe Biden sebagai Presiden AS, kata sumber yang dekat dengan organisasi tersebut, dan akan merindukan Presiden Donald Trump yang beralih dari mengkritik kelompok tersebut menjadi membantu menghasilkan rekor penurunan produksi minyak.

Baca Juga: Joe Biden Menang Pemilu AS, Presiden Mesir: Perkuat Kerja Sama Bilateral Mesin dan AS!

 

Biden dapat mengubah hubungan diplomatik AS dengan tiga anggota OPEC - pemimpin de facto Arab Saudi, dan negara-negara yang diberi sanksi Iran dan Venezuela, serta dengan produsen utama non-OPEC Rusia. Rusia adalah pemimpin produsen minyak yang bersekutu dengan OPEC, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +.

 

Baca Juga: Ucapan Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS: Saya Akan Jadi Presiden untuk Semua Orang Amerika

Penegakan ketat sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela telah menahan jutaan barel minyak per hari dari pasar, dan jika Biden harus melonggarkan langkah-langkah di tahun-tahun mendatang, peningkatan produksi dapat mempersulit OPEC untuk menyeimbangkan pasokan dengan permintaan.

Biden mengatakan dia lebih suka diplomasi multilateral daripada sanksi sepihak yang telah dijatuhkan Trump, meskipun itu mungkin tidak berarti pelonggaran sanksi dalam waktu dekat. Dalam kampanyenya, Biden mengatakan dia akan kembali ke kesepakatan nuklir Iran 2015 jika Teheran kembali mematuhi pakta tersebut.

Baca Juga: Heboh Video Syur Mirip Gisel, Inilah Profil Gisella Anastasia yang Mulai Karier di Indonesian Idol

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x