Berkali-Kali Gagal Kampanye, Joe Biden Akhirnya Menangi Pilpres AS dan Siap Gantikan Trump

- 8 November 2020, 02:02 WIB
Joe Biden/AFP
Joe Biden/AFP /

CerdikIndonesia - Joe Biden telah terpilih sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat, mencapai ambisi politik selama beberapa dekade dan menolak Donald Trump untuk masa jabatan kedua setelah kepresidenan yang sangat memecah belah yang ditentukan oleh pandemi sekali dalam satu abad, gejolak ekonomi, dan kerusuhan sosial.

 

Baca Juga: Raih 284 Suara, Biden Kalahkan Trump dan Bakal Jadi Pilpres AS

Biden memenangkan kursi kepresidenan dengan merebut Pennsylvania dan 20 suara elektoralnya, setelah beberapa hari penghitungan suara yang melelahkan menyusul rekor jumlah pemilih di seluruh negeri.

Baca Juga: Joe Biden Jadi Presiden AS 2020, Kamala Harris Perempuan Pertama yang Jadi Wakil Presiden AS

Kemenangan di Pennsylvania, yang diserukan oleh Associated Press pada pukul 11.25 ET pada hari Sabtu dengan 99% suara telah dihitung, membuat suara perguruan tinggi pemilihan Biden menjadi 284, melampaui 270 yang dibutuhkan untuk memenangkan Gedung Putih.

 

 

"Dalam menghadapi rintangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sejumlah rekor orang Amerika memberikan suara, membuktikan sekali lagi bahwa demokrasi berdetak jauh di jantung Amerika," kata Biden dalam sebuah pernyataan setelah hasil diumumkan pada hari Sabtu, tepat 48 tahun setelah dia pertama kali terpilih. kepada Senat AS.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas

Sumber: Guardian News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x