Joe Biden Jadi Presiden AS 2020, Apakah Jalan Terjalinnya Kembali Hubungan dengan Palestina?

- 8 November 2020, 02:31 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden.
Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden. /Instagram/@joebiden/

CerdikIndonesia - Palestina telah menunggu pergantian presiden AS selama tiga tahun, berharap mendapat kesempatan untuk menekan tombol reset pada hubungan dengan Washington.

Baca Juga: Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS, Presiden Polandia Ucapkan Selamat

Tidak ada tanggapan langsung dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas setelah Joe Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden AS oleh jaringan televisi besar pada hari Sabtu, tetapi keputusan penting pertama yang dihadapi Abbas adalah apakah ia akan melanjutkan kontak politik dengan Amerika Serikat.

 

Baca Juga: Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS 2020, OPEC Khawatir Muncul Ketegangan Soal Minyak

Tiga tahun lalu Abbas memutuskan kontak dengan Gedung Putih Presiden Donald Trump, menuduhnya bias pro-Israel atas keputusan Trump untuk memutuskan kebijakan AS selama puluhan tahun dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar AS ke kota itu.

 

Baca Juga: Joe Biden Menang Pemilu AS, Presiden Mesir: Perkuat Kerja Sama Bilateral Mesin dan AS!

"Kami tidak mengharapkan transformasi ajaib, tetapi setidaknya kami mengharapkan kebijakan merusak yang berbahaya dari Trump akan berhenti total," kata Hanan Ashrawi, seorang negosiator veteran dan anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x