Ingin Naik Kereta Api? Yuk Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

- 26 September 2020, 08:43 WIB
Suasana gerbong Kereta Api Palembang-Lubuklinggau yang hanya diisi 30 penumpang saja pada hari pertama operasional, Kamis 24 September 2020
Suasana gerbong Kereta Api Palembang-Lubuklinggau yang hanya diisi 30 penumpang saja pada hari pertama operasional, Kamis 24 September 2020 /FIXPALEMBANG/Ber

CerdikIndonesia - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menilai transportasi kereta api bukanlah lokasi yang paling rentan dalam penularan Covid-19. Transportasi Kereta Api merupakan moda yang aman untuk melakukan perjalanan karena adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Berdasarkan hasil kajian para ahli, kereta api merupakan moda yang aman digunakan selama pandemi karena telah menerapkan protokol yang ketat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga: Kabar Gembira! KAI Perpanjang Relasi KA Siliwangi Hingga Stasiun Cipatat dan Berikan Tarif Rp0

Berbagai penelitian di Perancis, Jepang, dan Amerika menunjukkan bahwa tidak ada penemuan kluster covid-19 di transportasi publik. Jurnal yang diterbitkan Universitas Oxford juga mengatakan, penyebaran Covid-19 pada pelanggan kereta dapat dicegah dengan menerapkan berbagai protokol pencegahan.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kereta api menjadi klaster penyebaran Covid-19. Meskipun terdapat himpunan atau kerumunan banyak orang, namun tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 berkat adanya penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: KAI Tambah Stasiun yang Layani Rapid Test, Mana Saja?

Adapun penelitian yang dilakukan ITB mengungkapkan bahwa transportasi umum tidak menjadi sumber infeksi jika pelanggan mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker, physical distancing, dan mencuci tangan, serta memberikan perlindungan khusus untuk petugas frontliner.

Joni mengatakan, seluruh penelitian tersebut selaras dengan yang telah KAI lakukan, karena KAI secara disiplin telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar Gugus Tugas Nasional.

Baca Juga: PLN Gerak Cepat Atasi Banjir di Sukabumi

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x