Tabel Gaji PNS 2023 Berdasarkan Golongan dan Masa Jabatan, Bisa Jadi Pertimbangan untuk Daftar CPNS

- 12 September 2023, 16:26 WIB
Tabel Gaji PNS 2023 Berdasarkan Golongan dan Masa Jabatan
Tabel Gaji PNS 2023 Berdasarkan Golongan dan Masa Jabatan /Instagram @kemenpanrb

CERDIK INDONESIA - Berapa besaran gaji PNS berdasarkan golongan? Berikut adalah informasi lengkap dan tabel gaji PNS yang perlu diperhatikan!

Menjadi seorang PNS merupakan impian bagi banyak warga Indonesia. Ada berbagai alasan mengapa profesi ini begitu diminati, salah satunya adalah tingkat gaji PNS yang cenderung lebih tinggi daripada Upah Minimum Regional (UMR), meskipun ada syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Namun, perlu dicatat bahwa besaran gaji PNS sebenarnya tidak selalu besar, terutama jika seseorang baru bekerja sebagai PNS selama kurang dari satu tahun. Gaji PNS juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat pendidikan, lokasi tugas, dan jumlah tanggungan keluarga.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa PNS Menjadi Salah Satu Profesi yang Paling Diminati oleh Masyarakat Indonesia saat ini

Informasi lebih lanjut mengenai daftar gaji PNS dan faktor-faktor yang memengaruhi besarnya gaji dapat ditemukan di bawah ini.

Dasar Penentuan Gaji PNS di Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Namun, pada bulan Januari 2022, Presiden mengeluarkan aturan baru dalam bentuk Peraturan Presiden yang mengatur perubahan kebijakan mengenai tunjangan jabatan fungsional bagi pegawai PNS yang bekerja di berbagai sektor.

Beberapa dasar hukum yang mengatur tabel gaji PNS tahun 2022 termasuk:

  1. Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2021, yang menetapkan besaran Tunjangan Pejabat Fungsional Selaku Pembina Teknis Bendahara Negara pada berbagai bidang.

  2. Peraturan Presiden No. 4 Tahun 2021, yang mengatur besaran Tunjangan Pejabat Fungsional Analis Keuangan APBN pada berbagai tingkat keahlian.

Halaman:

Editor: Raqsan Jani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x