Alasan Joe Biden Mencalonkan Ajay Banga Memimpin Bank Dunia: Selalu Sukses dalam Kariernya

- 24 Februari 2023, 15:55 WIB
Ajay Banga, calon presiden world bank (Bank Dunia) yang diusulkan Presiden Joe Biden.
Ajay Banga, calon presiden world bank (Bank Dunia) yang diusulkan Presiden Joe Biden. /

CerdikIndonesia - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menunjuk mantan CEO Mastercard Ajay Banga untuk memimpin Bank Dunia, usai David Malpass undur diri.

Ajay Banga saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum perusahaan investasi AS General Atlantic LP. Sebelumnya juga ia menghabiskan satu dekade menjadi presiden dan CEO Mastercard.

Pencalonan Biden terjadi pada hari Kamis, 23 Februari 2023 atas Banga, seorang asal India yang berusia 63 tahun, yang sekarang menjadi warga negara AS.

Baca Juga: Prediksi Skor Persebaya Surabaya vs PSM Makassar, Head to Head dan Performa

Biden juga memastikan bahwa Banga akan mengambil pekerjaan yang mengawasi pendanaan miliaran dolar, karena berlomba untuk membantu negara berkembang serta mengatasi perubahan iklim.

“Banga telah menghabiskan lebih dari tiga dekade membangun dan mengelola perusahaan-perusahaan global yang sukses yang menciptakan lapangan kerja dan membawa investasi ke negara-negara berkembang, dan membimbing organisasi-organisasi melalui periode-periode perubahan fundamental," ujar Biden yang dilansir Bloomberg, Kamis 23 Februari 2023.

"Ajay Banga juga diperlengkapi secara unik untuk memimpin Bank Dunia pada saat kritis dalam sejarah ini," tambahnya dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Peresmian dan Harga Samsung Galaxy S23 5G Terbaru, Didesain untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Pencalonan Banga adalah yang pertama diumumkan, tetapi bank akan menerima pencalonan dari negara anggota lain hingga 29 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdhal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x