Ridwan Kamil Jadi Pembicara di PBB Bahas Sampah Plastik di Sungai Citarum, Ada Apa?

- 28 Oktober 2021, 08:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Rapat Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah, di Mapolda Jabar, Kota Bandung.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Rapat Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah, di Mapolda Jabar, Kota Bandung. /

CerdikIndonesia — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi salah satu pembicara dalam Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tentang Perubahan Iklim 26 (COP 26) di Glasgow, Skotlandia pada 2 November 2021.

Tema konferensi tahun ini berfokus pada limbah plastik. Untuk itu, Ridwan Kamil akan membahas pengelolaan terpadu sampah plastik di Sungai Citarum.

Pria yang akrab disapa Emil ini akan mempresentasikan perkembangan revitalisasi Sungai Citarum yang dulu oleh media asing sempat dijuluki sebagai sungai terkotor dan terjorok di dunia.

Baca Juga: Universitas Nanzan Nagoya Jepang Sebut Bahasa Sunda Berpotensi Tinggi Mendunia, Ini Alasannya

Pesan kepada dunia bahwa Sungai Citarum kini sudah berubah dari cemar berat menjadi cemar ringan. Presentasi ini akan dilakukan di hadapan organisasi internasional lingkungan hidup.

“Dulu dilabeli sebagai sungai terjorok dan terkotor sekarang kita akan membuktikan dalam tiga tahun progresnya sudah lebih baik. Ini bisa jadi penghormatan luar biasa dari komunitas global terhadap Citarum,” ungkapnya.

Selain menjadi pembicara dalam konferensi COP 26, Ridwan Kamil akan menjajaki kerja sama dengan pemerintah Britania Raya terkait pembangunan politeknik maritim di Pelabuhan Patimban.

“Kita akan membangun politeknik di Patimban. Politeknik maritim di mana kurikulumnya adalah kurikulum Inggris, jadi di sana akan ada penandatanganan politeknik maritim di Patimban,” katanya.

Baca Juga: A Diisukan Tiduri 3 Pria, Netizen Ragu Bayi yang Dikandung Anak Kim Seon Ho

Halaman:

Editor: Susan Rinjani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x