Kades Pardomuan Ajibata, Sampaikan Peluang dan Tantangan Merintis Desa Wisata pada Seminar Nasional

- 22 September 2021, 17:58 WIB
Kades Pardomuan Ajibata
Kades Pardomuan Ajibata /

CerdikIndonesia - Merintis dan mengembangkan Desa Wisata merupakan cita cita dan inovasi terbesar Kepala Desa Pardomuan Ajibata Tambatua Sirait, Desanya yang merupakan salah satu Desa Wisata di Kawasan Danau Toba, selalu memiliki berbagai peluang dan juga tantangan kedepannya.

Peluang dan tantangan Desa yang dihadapi di utarakan Tambatua Sirait saat menjadi Narasumber Seminar Nasional, yang di selenggarakan oleh Pusat Kajian Pariwisata Nusantara dan Kemenparekraf /Baparekkraf RI melalui zoom meeting, Rabu 22 September 2021 pada Pukul 09.00 wib.

Seminar Nasional yang berlangsung selama 3 jam ini di buka oleh Prihutami Rista Hermawati mewakili Indra Ni Tua Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekkraf RI, dengan tema Peran Desa, Akademisi dan Pembuat Kebijakan Dalam Pembangunan Desa Wisata yang Berkelanjutan.

 

Baca Juga: Menatap Keindahan Danau Toba dari Pengasingan Bung Karno di Parapat, Begini Sejarah dan Potretnya

Kades Pardomuan Ajibata turut mengisi acara seminar sebagai Narasumber Desa Wisata mendampingi Narasumber lain, diantaranya I Nengah Moneng merupakan Ketua Pengelola Desa Wisata Penglipuran, Kabupaten Bangli Bali, Chrispinianus Mesima sebagai Pemerhati Pariwisata Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Tamba Tua Sirait Kepala Desa Pardomuan, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut, I Wayan Wardika, SST. Par. Penggiat & Tokoh Penggerak Desa Wisata di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar Bali, Dr. Dermawan Waruwu, M.Si Dosen Universitas Dhyana Pura, Prof. Dr. Ir. I Ketut Widnyana, M.Si Guru Besar Ilmu Pertanian Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Pada kesempatan itu Tambatua Sirait, menjelaskan dalam Seminar yang dihadiri ratusan orang pelaku, penggiat, akademisi serta pemerhati Pariwisata seluruh Indonesia, bahwa Desa Pardomuan Ajibata merupakan Desa yang terletak di Kab Toba dan berbatasan langsung dengan Parapat Kab.Simalungun.

"Desa Pardomuan Ajibata adalah Salah Satu Desa Wisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Kawasan Danau Toba yang terletak di Kabupaten Toba dan tidak jauh dari Kota wisata Parapat, ," Tambatua mengawali paparannya.

Desanya merupakan salah satu dari 36 Desa Wisata yang ada di kabupaten Toba setelah ditetapkan Pemerintah berdasarkan SK Bupati Toba no 65 tahun 2020 (perubahan SK Bupati no 518 tahun 2018).

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x