Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak Tajam, IDI Beserta Lima Himpunan Profesi Dokter Anjurkan PSBB Ketat

- 29 Juni 2021, 08:33 WIB
Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Semakin Merajalela, IDI Minta PSBB Diperketat
Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Semakin Merajalela, IDI Minta PSBB Diperketat /ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

CERDIKINDONESIA - Lonjakan kasus Covid-19 semakin meningkat di Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beserta 5 himpunan profesi dokter menyerukan untuk diadakannya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

Dari kelima himpunan profesi dokter menyarankan untuk lakukan PSBB berdasarkan kasus lonjakan Covid-19 meningkat, dikarenakan kapasitas daya tampung rumah sakit sekarang overload.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tak Melandai, Pemkab Garut Terpaksa Tutup Seluruh Tempat Wisata

Alasan lain IDI dan 5 himpunan Profesi Dokter melihat kasus covid-19 meningkat setiap harinya semula 12.624 kasus pada pada Kamis 17 Juni 2021, menjadi menjadi 20.000 lebih kasus Sabtu 26 Juni 2021.

"Kondisi sekarang secara laporan yang kita terima dari daerah, khususnya di Pulau Jawa, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, sudah melebihi kapasitas tampung baik di rumah sakit dan Puskesmas," kata Ketua Tim Mitigasi Dokter PB IDI , Adib Khumaidi, dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, pada Minggu, 27 Juni 2021 dikutip CerdikIndonesia dari Antara pada Selasa, 29 Juni 2021.

Menurutnya saat ini lebih dari 24 kabupaten/kota di Indonesia melaporkan keterbatasan ruang isolasi dan perawatan pasien Covid-19.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Sebut Virus Corona B117 Menular Lebih Cepat, Masyarakat Wajib Lakukan Ini

Keterisian ruang isolasinya di atas 90 persen dan untuk ruang gawat darurat di berbagai rumah sakit juga mendekati bahkan ada yang melebihi angka 100 persen.

"Bed occupation rate (BOR) (keterisian tempat tidur perawatan pasien di rumah sakit) untuk ruang isolasi dan gawat darurat mencapai di atas 90 persen," katanya.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x