Roket Hantam Pangkalan Militer Amerika Serikat di Irak, Ada Hubungannya dengan Joe Biden?

- 19 April 2021, 16:26 WIB
Ilustrasi rudal.
Ilustrasi rudal. /SpaceX-Imagery

CERDIK INDONESIA - Sebuah pangkalan udara Irak yang ditempati sejumlah tentara Amerika Serikat (AS) pada Minggu, 18 April 2021 dihantam oleh lima roket.

Belum mengetahui motif pasti namun serangan ini dikaitkan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menjabat pada Januari.

Sejak dilantik, telah terjadi sekira 20 serangan bom atau roket terhadap kepentingan-kepentingan AS, termasuk pangkalan yang ditinggali para tentara AS.

Mengutip AFP, Senin, 19 April 2021, seorang sumber keamanan mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dua dari beberapa roket yang ditembakkan ke pangkalan Balad, sebelah utara Baghdad, mengenai asrama dan kantin milik perusahaan AS, Sallyport.

Baca Juga: Pangeran Philip Mengidap Infeksi Kandung Kemih, Suami Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 99

Baca Juga: Kerajaan Arab Saudi Mengizinkan 150 Ribu Jemaah Umrah Selama Bulan Ramadhan, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Sumber itu menambahkan bahwa dua kontraktor asing dan tiga tentara Irak terluka.

Belum ada pihak yang mengklaim tanggung jawab. Namun, AS selama ini menyalahkan faksi-faksi Irak yang terkait dengan Iran atas serangan semacam itu yang dilakukan terhadap para tentara dan diplomatnya.

Jet tempur F-16 ditempatkan di pangkalan udara Balad. Beberapa perusahaan pemeliharaaan ada di sana, mempekerjakan staf Irak dan asing.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x