Pelabuhan Larantuka, Gerbang Bantuan Logistik dan Evakuasi Korban Bencana NTT

- 6 April 2021, 17:03 WIB
Doni Monardo menempuh jalur darat menuju Larantuka hingga pengiriman 20.006 paket bantuan korban bencana Flores Timur terhambat cuaca.*
Doni Monardo menempuh jalur darat menuju Larantuka hingga pengiriman 20.006 paket bantuan korban bencana Flores Timur terhambat cuaca.* /ANTARA/HO-Alfons Rianghepat

CERDIK INDONESIA - Bantuan yang diberikan kepada warga NTT yang terdamppk bencana banjir bandang di Kabupaten Flores Timur didistribusikan melalui pelabuhan Larantuka.

Pelabuhan Larantuka tersebut menjadi gerbang masuk bantuan logistik menuju sejumlah lokasi si di pulau Adonara.

Bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) sendiri telah menyebabkan banyak kerusakan.

Kerusakan tersebut meliputi rumah warga yang terbawa arus banjir juga beberapa apa jalan dan infrastruktur.
 
Sampai saat ini bantuan terus dilakukan untuk menangani bencana alam yang yang disebabkan oleh badai siklon tropis seroja.
 
Dilansir dari antara beberapa orang berjaket biru saling bergotong-royong untuk mengangkut karung beras berukuran 5 kg dari truk mobil ke perahu nelayan yang berada di pelabuhan Larantuka.
 
"Kami baru hari ini angkut bantuan dari Polri menuju Adonara isinya makanan instan dan minuman. Diangkut pakai truk dalmas terus dipindah ke perahu Polair," ujar Marcel salah satu anak buah kapal (ABK) barang.
 
 
Selain itu pelabuhan Larantuka juga digunakan untuk mengevakuasi warga, salah satunya mengevakuasi ibu hamil, warga Waiwerang, Adonara Timur.
 
"Ibu itu hamil sembilan bulan sudah mules. Rumah sakit di sana kan tertimbun longsor juga makanya kita bantu evakuasi ke rumah sakit di Larantuka," sebut Nahkoda Kapal Patroli Dinas Perikanan Flores Timur, Felix Leden.
 
Pelabuhan Larantuka memang dikenal sebagai pintu masuk menuju pulau Adonara, saat ini pelabuhan tersebut dikawal oleh sejumlah aparat kepolisian.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x