Bantu Bencana Alam, TNI Kerahkan Prajuritnya Menggunakan Pesawat Hercules C-130

- 6 April 2021, 14:52 WIB
Pesawat Hercules TNI saat distribusikan bantuan terhadap korban gempa bumi Majene Sulbar (foto-dok-Antara)
Pesawat Hercules TNI saat distribusikan bantuan terhadap korban gempa bumi Majene Sulbar (foto-dok-Antara) /
CERDIK INDONESIA - Sejumlah bantuan kembali dikerahkan TNI untuk menangani bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) menggunakan Pesawat Hercules C-130.
 
Hal ini dilakukan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang mengerahkan prajurit dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk membantu korban bencana alam.
 
Alutsista ini ini disiapkan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan salah satunya adalah KRI Oswald (OWA)-354, di NTT dan NTB.
 
 
"Hari ini saya telah memerintahkan Kasal untuk memberangkatkan KRI OWA-354 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB," ucap panglima TNI, dilansir dari Antara.
 
Selain itu, panglima TNI juga mengerahkan pesawat Hercules C-130 dan helikopter untuk membantu korban bencana di NTT dan NTB.
 
"Selain membawa bantuan untuk korban bencana alam di NTT dan NTB, TNI juga memberangkatkan prajuritnya untuk membantu evakuasi dan pertolongan pertama," ujar Marsekal Hadi.
 
 
Pengerahan pesawat Hercules C-130 untuk mengangkut pasukan TNI dan bantuan kemanusiaan.
 
Pesawat Hercules C-130 itu dari Skuadron Udara Lanud TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dan Skuadron Udara Lanud TNI AU Abdulrachman Saleh Malang.
 
"Pengarahan KRI dan pesawat angkut berat, serta TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB, merupakan bagian dari proses militer selain perang yang memang menjadi salah satu tugas pokok TNI," jelasnya.\
 
 
Ia juga berencana memberangkatkan Batalion Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar.
 
"Digerakkan Batalion Zeni TNI menuju lokasi bencana untuk membantu membersihkan daerah terdampak, sekaligus melakukan rehabilitas dan kontruksi," katanya.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x