Dokter Muslim Inggris Peringatkan Soal Teori Konspirasi Covid-19, Imam Masjid Ikut Angkat Bicara

- 2 Februari 2021, 12:18 WIB
ilustrasi virus covid
ilustrasi virus covid /pixabay/Dr StClaire

CERDIKINDONESIA – Dr. Sharjeel Zafar Kiani seorang dokter muslim yang bekerja untuk garda terdepan Inggris memperingatkan komunitas muslim untuk menepis teori konspirasi Covid-19.

Ia berpendapat teori konspirasi memang suatu hal yang menyebar cepat layaknya api.

Ia membeberkan sejumlah pengalamannya yang menyaksikan langsung tekanan yang dihadapi rumah sakit Inggris. Beberapa kesalahan yang terjadi juga karena kesalahan informasi karena konspirasi yang terus berkembang sejak pandemi muncul.

Baca Juga: Muslim Inggris Ragu Vaksin Covid-19, Dokter dan Imam Turun Tangan

"Sangat membuat frustasi melihat berapa banyak teori konspirasi di media sosial. Teori konspirasi tampaknya telah menyebar seperti api," kata Dr.Kiani, seperti dikutip dari Arab News, Selasa, 2 Februari 2021.

Salah satu hal yang terus dibantah ialah soal kabar vaksin Pfizer/BioNTech mengandung bahan hewani yang bertentangan dengan prinsip kehalalan komunitas muslim.

Baca Juga: Dokter Islam Inggris Peringatkan Umat Muslim Soal Konspirasi Covid-19: Menyebar Seperti Api

Menurutnya, ada oknum yang terus mengulangi penyebaran informasi demikian sehingga menimbulkan kecemasan dan krisis kepercayaan terhadap industri farmasi dan ilmu kedokteran.

“Teori konspirasi, bersama dengan informasi hoaks, menyebabkan kerugian karena ada anggota masyarakat yang sangat rentan yang membutuhkan vaksin ini. Dalam hal komunitas Muslim, saya akan meminta orang untuk mendengarkan para ahli di bidangnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sara Salim

Sumber: Arab News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x