Rahasia Covid-19 di China Terkuak, Tenaga Medis Wuhan: Kami Diminta Berbohong

- 20 Januari 2021, 07:40 WIB
Institut Virologi Wuhan diduga memiliki hubungan dengan menyebarnya pandemi Covid-19 di seluruh dunia.
Institut Virologi Wuhan diduga memiliki hubungan dengan menyebarnya pandemi Covid-19 di seluruh dunia. /Kolase | AFP/Hector Retamal

CERDIK INDONESIA - Persoalan perihal virus corona (Covid-19) mulai memunculkan banyak petunjuk baru.

Terbaru, beberapa petugas medis di Wuhan, China telah mengakui bahwa mereka menyadari virus corona atau Covid-19 dapat ditularkan antarmanusia sejak lama.

Namun mereka diberitahu oleh pemerintah Komunis China untuk tetap diam.

Hal tersebut terungkap dari sebuah film dokumenter buatan ITV yang secara diam-diam direkam oleh seorang jurnalis independen saat petugas medis tersebut bercerita awal virus tersebut mulai menyebar di Wuhan, China.

Baca Juga: WOW, Korban Meninggal COVID-19 di Seluruh Dunia Melebihi Dua Juta

Petugas medis mengatakan mereka tidak ragu betapa berbahayanya virus itu dan bahwa mereka mengetahui kematian pertama akibat Covid-19 terjadi pada akhir Desember 2019.

"Sebenarnya, di akhir Desember atau awal Januari, kerabat seseorang yang saya kenal meninggal karena virus ini. Banyak dari mereka yang tinggal bersamanya juga terinfeksi, termasuk orang yang saya kenal," kata petugas medis A.

"Kami semua merasa seharusnya tidak ada keraguan tentang penularan dari manusia ke manusia," kata dirinya menambahkan.

Berbicara setelah Wuhan dibebaskan dari lockdown, para petugas medis juga menguraikan penutupan oleh otoritas pemerintah China dilakukan sejak awal wabah.

“Kami tahu virus ini ditularkan dari manusia ke manusia. Tetapi ketika kami menghadiri pertemuan rumah sakit, kami diberitahu untuk berbohong tentang wabah Covid-19. Para pemimpin provinsi mengatakan kepada rumah sakit untuk tidak mengatakan yang sebenarnya," kata petugas medis B.

Baca Juga: Setelah 15 tahun, Palestina Akan Kembali Gelar Pemilu

 

Mereka mengatakan pihak berwenang tahu bahwa perayaan tahun baru di bulan Januari akan mempercepat penyebaran virus Covid-19.

“Masyarakat menyarankan di tingkat kota agar tidak dilanjutkan, tapi dilakukan karena acara seperti itu akan menghadirkan masyarakat yang harmonis dan sejahtera,” tambah petugas medis B.

Film dokumenter itu mengungkap bukti bahwa sementara virus yang sangat menular itu menyebar antara 5 dan 17 Januari 2020, tidak ada kasus baru yang secara resmi dilaporkan di China selama periode 12 hari itu.

Baca Juga: Kasian! Imbas Kerusuhan di Amerika Serikat, Menhub Elaine Chao Ambil Langkah Mengejutkan

Kesaksian petugas medis di Wuhan didukung oleh ahli virus terkemuka, termasuk spesialis penyakit menular Dr Yi-Chun Lo, Wakil Direktur Jenderal Pusat Pengendalian Penyakit di Taiwan.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio

Sumber: ITV News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x