Akhirnya, Arab Saudi Perbolehkan Penjualan Ornamen Natal di Negaranya

- 22 Desember 2020, 06:04 WIB
christmas in arab
christmas in arab /yuan/republika

CERDIK INDONESIA - Ornamen-ornamen natal berupa boneka santa dan pohon natal kini sudah dijual secara terbuka di beberapa toko suvenir di Arab Saudi.

Hal ini menjadi pemandangan yang tak biasa pasalnya jauh beberapa tahun sebelumnya di negara gurun pasir tersebut selalu melarang penjualan ornamen natal secara terbuka.

Namun dalam tiga tahun terakhir ini, penjualan pernak-pernik Natal yang meriah secara bertahap merayap ke Ibu Kota Arab Saudi Riyadh.

Baca Juga: Perang Siber, Donald Trump Tuduh China sebagai Pelaku Utamanya

Itu menjadi tanda pelonggaran pembatasan sosial setelah Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) berjanji untuk mengarahkan kerajaan Teluk konservatif itu menuju ke "negara Islam terbuka dan moderat".

"Saya tidak pernah membayangkan saya akan melihat ini di Arab Saudi," kata seorang penduduk Riyadh kepada AFP di toko yang menjual pohon, pakaian Sinterklas dan ornamen Natal lainnya.

"Saya terkejut," kata warga yang menolak disebutkan namanya tersebut, yang dilansir Senin 21 Desember 2020.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Bahaya Gunakan Masker Bekas, Lebih Berbahaya Dibanding Tidak Menggunakan Masker

Selama beberapa dekade, penjualan pernak-pernik Natal sebagian besar dilakukan "di bawah tanah" atau sembunyi-sembunyi, dan orang-orang Kristen dari Filipina, Lebanon, dan negara-negara lain merayakannya secara tertutup atau di daerah kantong ekspatriat.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x