Hati-hati! Ini Bahaya Gunakan Masker Bekas, Lebih Berbahaya Dibanding Tidak Menggunakan Masker

- 19 Desember 2020, 17:32 WIB
Masker dan sepeda/Pixabay/Gerd Altmann
Masker dan sepeda/Pixabay/Gerd Altmann /

CERDIK INDONESIA - Di masa pandemi virus Covid-19 ini masyarakat diwajibkan untuk selalu menggunakan masker di tempat umum untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Namun, banyak masyarakat yang memakai masker hanya takut terhadap petugas sehingga mereka menggunakan masker apapun yang ada termasuk masker bekas sekalipun.

Terbaru, ada sebuah penemuan yang mengungkap bahwa menggunakan masker bekas lebih berbahaya dibanding tidak memakai masker sama sekali.

Baca Juga: Pemerintah Akan Segera Menggelar Vaksinasi Massal Covid-19, Berikut Penjelasan Presiden Joko Widodo

Para peneliti melakukan riset pada masker bedah tiga lapis yang biasanya dipakai di kalangan profesional perawatan kesehatan. 

Pada saat itu, mereka menemukan bahwa saat masker bedah dipakai pertama kalinya, masker bisa menyaring hampir 3/4 partikel kecil virus di udara. Padahal partikel kecil virus itu dapat menyebabkan infeksi pada orang lain. 

Tetapi, apabila seseorang memakai masker yang sama lebih dari sekali, maka masker hanya bisa menyaring 1/4 dari tetesan kecil virus corona.

Masker sudah berubah bentuk dan tingkat efektivitas penyaringan juga akan menurun setiap pemakaian. Riset ini dilakukan untuk mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan masker medis bekas. 

Baca Juga: Tegas! Kemenkes Ikut Arahan Presiden, Vaksin Covid Gratis Tanpa Syarat Untuk Semua Masyarakat

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: New York Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x