KEMLU RI Dorong APEC Beri Akses Pasar Global Bagi UMKM Melalui Integrasi ke Ekonomi Digital

- 17 November 2020, 14:06 WIB
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. /HUMAS SETNEG


 

CERDIK INDONESIA - “Oleh karenanya APEC Internet and Digital Economy Roadmap harus dapat mendukung integrasi UMKM ke ekonomi digital," kata Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI.

Menteri Luar Negeri RI bersama Menteri Perdagangan RI telah menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang pertama kali diselenggarakan secara virtualpada 16 November 2020.

Dalam pernyataannya, Menlu Retno sampaikan bahwa perbedaan pendapat yang terjadi antara beberapa ekonomi telah mengganggu upaya APEC dalam dua tahun terakhir. Sekarang saatnya bagi APEC untuk mengesampingkan perbedaan dan mengembalikan kepercayaan dunia.

Hal ini dapat dilakukan diantaranya melalui Visi APEC Pasca 2020 yang akan menjadi panduan fundamental APEC selama 20 tahun mendatang, meneruskan visi APEC Bogor Goals 1994 yang akan berakhir pada tahun ini. 

Baca Juga: KAPOLRI Terbitkan Surat Telegram Rahasia, Kali ini Soal Gakkum Pelanggar Prokes

Dengan visi yang kuat APEC bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat, seimbang, aman, berkelanjutan dan inklusif. Untuk mencapai tujuan ini, Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi menekankan dua hal:

Pertama, kolaborasi APEC harus menguntungkan semua anggota APEC. Hal ini bisa dicapai dengan meningkatkan konektivitas.

APEC harus melanjutkan dan mensinergikan berbagai inisiatif konektivitas kawasan, mengesampingkan persaingan dan fokus pada kerja sama yang menguntungkan.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Kementerian Luar Negeri RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x