Pidato Pertama Harris Sebagai Wapres AS, Selama Empat Tahun AS Menanti Kesetaraan dan Keadilan

- 8 November 2020, 09:07 WIB
Wapres AS terplih Kamala Harris.
Wapres AS terplih Kamala Harris. /@KamalaHarris/

CerdikIndonesia - Tepat sebelum 8:30 malam. Sabtu, Kamala D. Harris berbicara kepada publik untuk pertama kalinya sebagai wakil presiden terpilih Amerika Serikat. Mengenakan setelan berwarna krem, Harris naik ke panggung di luar Chase Center di Wilmington, Del., Dan berhenti sejenak untuk menikmati tepuk tangan meriah dan klakson yang meletus.

 

Baca Juga: Pidato Perdana Kemenangan, Harris Wapres AS Teringat Sang Ibu Saat Pilih Dirinya Sendiri di Pilpres

Harris mengutip almarhum pemimpin hak-hak sipil dan anggota kongres Georgia John Lewis, yang mengatakan demokrasi adalah tindakan yang sekuat keinginan rakyat untuk memperjuangkannya.

"Dan ketika demokrasi kita berada dalam pemungutan suara dalam pemilihan ini, dengan jiwa Amerika yang dipertaruhkan dan dunia menonton, Anda mengantarkan hari baru bagi Amerika," kata Harris kepada kerumunan.

 

Baca Juga: Pidato Kemenangan Joe Biden, Saya Akan Jadi Presiden yang Tidak Memecah Belah, Tapi Menyatukan!

Banyak di antara kerumunan terlihat terisak-isak saat mereka menyemangati Harris, wakil presiden terpilih wanita kulit hitam dan Asia Amerika pertama.

“Saya tahu waktu telah menantang, terutama beberapa bulan terakhir. Kesedihan, kesedihan dan rasa sakit, kekhawatiran dan pergumulan, ”kata Harris. “Tapi kami juga telah menyaksikan keberanian Anda, ketangguhan Anda dan kemurahan hati Anda. Selama empat tahun, Anda berbaris dan mengatur kesetaraan dan keadilan bagi hidup kita dan planet kita. Dan kemudian Anda memilih dan Anda menyampaikan pesan yang jelas. Anda memilih harapan dan persatuan, kesopanan, sains dan, ya, kebenaran. "

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x