Memperingati Hari G30S PKI; Berikut Sejarah Singkat dan Korban Peristiwa Berdarah ini

- 30 September 2023, 00:20 WIB
Kisah singkat peristiwa berdarah G30S PKI
Kisah singkat peristiwa berdarah G30S PKI /

CerdikIndonesia - Hari ini, 30 September 2023 memperingati hari Kejadian G30S PKI, sebuah peristiwa berdarah yang menimpa pemerintahan Indonesia. Berikut sejarah singkat G30S PKI yang akan disajikan dalam artikel ini.

 

G30S PKI adalah segerombol organisasi atau gerakan yang memiliki tujuan untuk merubah rencana pemerintahan Presiden Soekarno Indonesia menjadi negara yang menerapkan sistem komunis.

Organisasi ini dipimpin langsung oleh DN Aidit yang saat itu adalah ketua dari PKI atau Partas Komunis Indonesia. Pada 1 Oktober 1965, Letkol Untung yang merupakan anggota Pasukan Pengawal Istana memimpi pasukan yang dianggap setia kepada PKI.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Never Be Me yang Dinyanyikan oleh Miley Cyrus

Letkol Untung memiliki peran besar dalam peristiwa G30S PKI dan turut serta membantu aksi operasi penculikan dan pembunuhan yang melibatkan beberapa jenderal dan Perwira TNI AD.

Kemudian usai penculikan tersebut, munculah informasi berita bahwa Letkol Untung dianggap sebagai dalang sekaligus ketua pembentukan Partai Komunis Indonesia (PKI). Lalu dengan sigap penangkapan Letkol Untung segera di proses dan mulai diimpelentasikan.

PKI menangkap enam orang dari anggota perwira tersebut. Namun 3 orang diantaranya langsung dibunuh di rumahnya. Sementara 3 lainnya dibawa menuju Lubang Buaya.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x