Dorong Pelaku UMKM Masuk Ranah Digital Tantangan Berat

- 31 Agustus 2023, 23:57 WIB
Foto ilustrasi. Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, baru-baru ini telah terapkan tanda tangan elektronik dan menerapkan aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) demi menuju transformasi digital pada 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.
Foto ilustrasi. Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, baru-baru ini telah terapkan tanda tangan elektronik dan menerapkan aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) demi menuju transformasi digital pada 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. /Pikiran Rakyat/

CERDIK INDONESIA - Kemenkom-UKM mengakui terdapat tantangan dalam mendorong UMKM agar sepenuhnya masuk dalam sarana digitalisasi. Pelaku UMKM di Indonesia masih banyak yang bingung dan tidak bisa membuat akun e-commerce untuk memasarkan produknya.

"Memang agak unik, spektrum UKM kita  luas, contoh untuk persoalan password sama id masih bingung. Pemasaran UKM masih bingung. Kita tak bisa memandang semuanya berhasil ketika masuk digital," kata Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Kemenkop-UKM Wientor Rah Mada.

Meski begitu, Wientor menegaskan, kementeriannya terus berjuang keras mengubah mindset pemasaran konvensional menjadi digital. Karena, profit pelaku UMKM bisa lebih besar dari biasanya.

"Bagaimana mengubah mindset jualan konvensional, didorong ke digital, tantangannya beda, harus diperlakukan secara berbeda. Termasuk, bicara harga, teman-teman UKM konvensional, kebijakan harga mereka 40 persen profit," ucapnya.

Pelaku UMKM, kata Wientor, dapat memanfaatkan konsep distribusi digital dalam memasarkan produk. Seperti, misalnya dengan memperbanyak reseller maupun dropshipper.

"Ke ruang digital kesempatan pemasaran produk itu bisa lebih dari itu. Sebetulnya, dari sisi harga harus ada penyesuaian tidak hanya sisi produk, banyak penyesuaian yang harus dilakukan UKM," ujarnya.

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x