Kominfo Siapkan Pedoman 'AI' untuk Lindungi Data Pribadi

- 31 Agustus 2023, 23:52 WIB
Ilustrasi Ai, atau kecerdasan buatan
Ilustrasi Ai, atau kecerdasan buatan /Dok. indobot Academy/

CERDIK INDONESIA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sedang menyusun pedoman etika untuk pemanfaatan teknologi Kecerdasan Artifisial (Artificial Intelligence/AI). Pemanfaatan AI memiliki kaitan erat dengan isu pelindungan data pribadi di tengah tren perkembangan big data yang menghasilkan pemanfaatan data tak terstruktur. 

"Teknologi scraping, crawling dan yang sejenis, meskipun memang memfasilitasi pengumpulan data untuk kemudian digunakan untuk melatih AI, harus tetap sesuai koridor regulasi yang berlaku. Ada batasan-batasan yang harus dihormati dalam pemanfaatan data tersebut, dari mulai batasan hak cipta, hingga penghormatan terhadap data pribadi," kata Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria dalam Forum Nasional Perlindungan Data Pribadi tahun 2023 yang berlangsung di Badung, Bali, Rabu.

Nezar menjelaskan, ketentuan mengenai kegiatan pemrosesan data termasuk ketentuan pembukaan data dan pemanfaatan data  pribadi perlu diatur lebih lanjut. Hal itu sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP). 

"Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Menteri, RPP PDP ini merupakan amanat dari UU PDP. Mengingat peran sentral data termasuk data pribadi dalam pengembangan teknologi AI, tentu RPP PDP ini memiliki peran penting dalam menghadirkan pemanfaatan teknologi berbasis data yang tetap menghormati hak-hak individual," ujarnya. 

Menurut Nezar, beberapa negara telah membangun kesepakatan bersama mengenai praktik pengumpulan data secara otomatis dan masif yang berpotensi melanggar ketentuan pelindungan data pribadi. 

Oleh karena itu, Kemkominfo juga akan menyusun Surat Edaran Pedoman Etika Artificial Intelligence yang ditujukan untuk menghadirkan pemanfaatan AI yang beretika dan tentu menghormati aturan aturan yang ada. 

"Kami mohon dukungan kepada seluruh pelaku industri, akademisi, dan pemangku kepentingan terkait untuk sama-sama menyukseskan agenda penyusunan kebijakan ini," ujarnya. 

Wamenkominfo Nezar Patria menekankan arti penting penghormatan atas hak fundamental individual. Sehingga AI dapat tetap bermanfaat bagi masyarakat.

"Tanggung jawab kita untuk menghadirkan masa depan yang penuh akan inovasi. Saya percaya melalui Forum Nasional PDP hari ini, kita dapat bersama-sama menghadirkan masa depan tersebut," ujarnya.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x