Jokowi Siapkan Indonesia Jadi Calon Tuan Rumah Olmpiade 2036 di IKN

- 16 November 2022, 14:42 WIB
Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI Ke-77
Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI Ke-77 /Instagram/@jokowi

 

CERDIK INDONESIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis menyampaikan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036.

Pada Rabu 16 November 2022, dalam keterangan tertulis Sekretariat Kabinet, tempat yang akan disiapkan oleh Jokowi pada pesta akbar olahraga di dunia tersebut adalah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ibu Kota Nusantara (IKN) yang rencananya akan jadi tempat Olimpiade ini terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: Penanaman Mangrove Indonesia Mendapat Apresiasi Dari Pemimpin Delegasi G20

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," ujar Jokowi di Kabupaten Badung, Bali.

Jokowi menilai kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade selanjutnya akan menegaskan terkait pentingnya netralitas pada ajang olahraga internasional.

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," ujar Jokowi.

Baca Juga: Abraham Lincoln: Sosok Presiden Amerika Serikat yang Menghapus Perbudakan

Sekedar informasi, Olimpiade dan Paralimpiade selanjutnya yaitu Olimpiade Paris pada 2024, lalu 2026 Milano-Cortina, 2028 di Los Angeles dan 2032 di Brisbane.

Sebelumnya, Presiden Jokowi bersama para peserta G20 di KTT G20 membicarakan terkait pentingnya olahraga.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Instagram Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x