Jenderal Hoegeng: Sosok Polisi yang Rela Hidup Melarat Dibanding Menerima Suap dan Korupsi

- 9 November 2022, 20:49 WIB
Jenderal Hoegeng mantan Kapolri yang sangat jujur. Hoegeng bahkan diakui langsung oleh Gus Dur. Berikut profil lengkapnya!
Jenderal Hoegeng mantan Kapolri yang sangat jujur. Hoegeng bahkan diakui langsung oleh Gus Dur. Berikut profil lengkapnya! /Facebook Humas Polri /

CERDIK INDONESIA - Hoegeng Iman Santoso atau yang biasa dikenal dengan Jenderal Hoegeng merupakan seorang Kaporli pada masa Kepresidenan Soeharto yang rela hidup melarat daripada harus menerima suap dan korupsi.

Oleh karena itu, beliau dikenal merupakan satu teladan dan tokoh yang terkenal jujur dan berani dalam menindak suatu pelanggaran hukum.

Jenderal Hoegeng adalah salah satu tokoh Kepolisian Republik Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-5 yang bertugas pada tahun 1968 sampai tahun 1971.

Jenderal Hoegeng mempunyai perbedaan dengan sebagian polisi-polisi pada masa itu, beliau tidak mempan disuap dan lebih memilih hidup melarat ketimbang menerima suap dan korupsi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Mengangkat Soeharto Sebagai Pahlawan Nasional, Begini Alasannya

Kesederhanaan Hoegeng dapat dilihat dari rumah dinasnya yang hanya memiliki 2 kamar, 1 kamar mandi dan dapur.

Selain jujur, beliau juga sangat berani dalam menindak perbuatan perbuatan yang melanggar hukum seperti membongkar bandar judi di Medan.

Hingga saat ini Jenderal Hoegeng belum juga di anugerahi sebagai “Pahlawan Nasional”, padahal beliau merupakan prototipe polisi yang patut di teladani oleh semua polisi dan/atau semua umat manusia yang ada di Indonesia.

Baca Juga: PROFIL DAN BIODATA Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak: Pekerjaan Ayah dan Ibu, Asal, Agama dan Pendidikan

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x