Presiden Jokowi Resmi Mengangkat Soeharto Sebagai Pahlawan Nasional, Begini Alasannya

- 8 November 2022, 13:45 WIB
Jokowi dan Soeharto
Jokowi dan Soeharto /Yuan/Sekretariat Negara

CERDIK INDONESIA - Mantan Presiden kedua Republik Indonesia yakni Soeharto resmi mendapat gelar pahlawan nasional yang diberikan oleh Presiden RI saat ini Joko Widodo (Jokowi).

Pengangkatan gelar pahlawan nasional Soeharto bertepatan dengan Hari Pahlawan 2022 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 7 November, 2022.

Penganugerahan gelar pahlawan Soeharto bersamaan dengan pengangkatan empat tokoh lainnya sebagai pahlawan nasional Indonesia.

Jokowi sendiri mengungkapkan alasan mengapa mengapa dirinya mengangkat Soeharto dan empat tokoh bangsa lainnya sebagai pahlawan nasional karena mereka telah memberikan kontribusi yang besar kepada negara.

"Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara. Semoga Tuhan yang maha kuasa mempermudah upaya kita untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan demi kemajuan Indonesia," ujar Jokowi.

Baca Juga: FORMASI PPPK 2022 DOSEN Kemendikbud dan Kemenag 20 Ribu: Berikut JADWAL Pendaftaran Hingga Pengumuman Jadi ASN

Anugerah gelar pahlawan nasional ini Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 96/TK/Tahun 2022 yang ditetapkan pada tanggal 3 November 2022. Adapun kelima tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional ialah:

1. Almarhum Dr. dr. H. R. Soeharto dari Provinsi Jawa Tengah;

2. Almarhum KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta;

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x