Wapada! Jakarta Akan Banjir Rob pada Tanggal 12 November, BRIN: Sesuai Prakiraan Kami

- 9 November 2022, 14:15 WIB
Banjir Jakarta pada Sabtu, 20 Februari 2021 menggenang sebagian wilayah Jakarta.
Banjir Jakarta pada Sabtu, 20 Februari 2021 menggenang sebagian wilayah Jakarta. /Foto: Tangkapan layar / Reuters.com/Reuters / Foto: Tangkapan layar / Reuters.com/Reuters

CERDIK INDONESIA - Beberapa wilayah Jakarta terutama di bagian utara diprediksi akan mengalami banjir rob seperti yang telah diprakiraan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Hal itu sebagai dampak fenomena Gerhana Bulan Total yang memiliki dampak terhadap kenaikan volume air laut.

"Untuk wilayah Jawa Timur banjir Rob telah terjadi pada tanggal 7 kemarin. Sementara untuk wilayah Jakarta diprakirakan air pasang maksimumnya itu sekitar tanggal 12 November," kata Peneliti Astronomi BRIN, Thomas Djamaluddin, Rabu, 8 November, 2022.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai untuk lebih waspada ketika gerhana Bulan terjadi. Pasalnya, tingkat pasang air laut akan meninggi dibandingkan hari-hari biasa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Mengangkat Soeharto Sebagai Pahlawan Nasional, Begini Alasannya

Mantan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) itu menjelaskan bahwa pasang surut air laut dipengaruhi oleh gravitasi diferensial bulan dan matahari.

Komponen astronomis tersebut, terangnya, ditunjukkan secara empirik untuk variasi puncak pasang maksimum harian di Jakarta dan Surabaya.

"Kemudian dibuatkan model sederhana untuk memprakirakan puncak pasang maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir rob," jelasnya.

Baca Juga: Prediksi Arsenal vs Brighton di Carabao Cup: Head To Head, Line Up, dan Prediksi Skor

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x