Makna 'Kesaktian' pada Hari Kesaktian Pancasila, Diperingati Setiap 1 Oktober, dan Soal Bendera Setengah Tiang

- 30 September 2022, 09:21 WIB
Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Mengapa diperingati? Kibarkan bendera setengah tiang dan satu tiang penuh pada tanggal 30 September dan 1 Oktober.
Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Mengapa diperingati? Kibarkan bendera setengah tiang dan satu tiang penuh pada tanggal 30 September dan 1 Oktober. /Tangkapan layar monumen Lubang Buaya. /YouTube Halo Edukasi//

CERDIK INDONESIA - Seperti diketahui, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila, yang sangat berkaitan erat dengan momen pemberontakan peristiwa G30S PKI.

Kesaktian Pancasila ini dimaknai sebagai penghormatan pada pahlawan yang sudah gugur dalam memperjuangkan keutuhan Bangsa Indonesia.

Nilai tersebut yang kemudian kita mankani sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini, Jumat 30 September 2022: Live BRI Liga 1, Pintu Berkah Siang

Hari Kesaktian Pancasila ini juga diperingati untuk mengingatkan masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Semasa Orde Baru, ada semacam ritual pengibaran bendera untuk memperingati peristiwa G30S dan Hari Kesaktian Pancasila. Pada 30 September bendera dinaikan setengah tiang . Pada esok harinya 1 Oktober, bendera dinaikan secara penuh.

Bendera yang dikibarkan setengah tiang yang dikibarkan pada 30 September itu dimaksudkan sebagai tanda duka Nasional setelah terbunuhnya beberapa perwira militer AD.

Lantas apa makna 'kesaktian' yang setiap tahunnya diperingati dalam Hari Kesaktian Pancasila?

Baca Juga: LINK NONTON Film Pengkhianatan G30S PKI: Penculikan dan Pembunuhan Para Jendral TNI oleh Sekelompok PKI

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x