Biaya Pendidikan Mahal, Siapkah Anda Jadi Dokter di Indonesia? Begini Kata Tenaga Pendidik

- 1 September 2022, 23:46 WIB
ilmu kedokteran
ilmu kedokteran /pixabay/geralt

CerdikIndonesia - Fakta kondisi biaya Pendidikan di Indonesia sempat menjadi bahan sorotan netizen Indonesia, salah satu jurusan yang termahal itu adalah kedokteran.

Dalam acara yang bertema “Kuliah Mahal, Dokter Kurang?” sempat membahas tentang biaya kuliah di jurusan kedokteran.

Menurut dr. Denta yang juga merupakan dokter Spesialis Anak mengatakan untuk kuliah di jurusan Pendidikan Dokter itu tidaklah murah. Tak hanya dari sisi mahasiswanya saja, dari sisi penyelenggara atau Universitas pun harus keluar biaya yang besar.

Baca Juga: Daya Tampung dan Peminat Prodi Saintek dan Soshum Unpad 2022, Link Resmi Cek Disini

Mereka juga mengatakan bahwa, untuk pengadaan manekin, pihak Perguruan Tinggi harus menggelontorkan biaya hingga mencapai miliaran rupiah.

Ditambah untuk pengadaan teknologi-teknologi kesehatan terbaru yang lebih canggih seperti Augmented Reallity atau Artificial Intellegence.

Mereka merincikan tentang cost pendidikan itu akan ditanggung oleh siapa? Apakah ditanggung oleh mahasiswa sepenuhnya? Atau ditanggung oleh negara. Misalnya pihak Pergurutan Tinggi harus ikut juga menanggung sebagian biaya.

Profesi dokter memang menjadi keinginan banyak masyarakat di Indonesia. Tetapi sampai sekarang ketersediaan tenaga dokter di wilayah Indonesia belum merata dan jumlahnya masih jauh dari standar pelayanan kesehatan yang ideal.

Baca Juga: Pengumuman Seleksi Mandiri UNNES Tahun 2022 Disini: Jadwal Pengumuman dan Berikut Link Cek Hasil Pengumuman

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x