Ngeri, Wabah Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global yang Menjadi Perhatian Dunia

- 25 Juli 2022, 21:46 WIB
Ilustrasi. Cacar Monyet
Ilustrasi. Cacar Monyet /Pixabay/Geralt/

CERDIK INDONESIA - Belakangan ini kasus cacar monyet ramai ditemukan di negara non-endemik dan menjadi perhatian dunia. Sebagai pengetahuan, cacar monyet merupakan penyakit langka yang dipicu oleh virus monkeypox. Penyakit ini merupakan penykit zoonis yang artinya dapat menular dari hewan ke manusia. 

Seperti diketahui bahwa wabah cacar monyet saat ini telah ditetapkan sebagai darurat kesehatan masyarakat global yang menjadi perhatian internasional (PHEIC) WHO pusat pada Sabtu, 23 Juli 2022.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” tutur Tedros Adhanom Ghebreyesus Direktur Jenderal WHO

“Meskipun pengumuman darurat kesehatan internasional yang saya berikan menjadi perhatian yang sangat penting, untuk saat ini wabah yang terkonsentrasi antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” sambung Tedros.

Baca Juga: Nasihat Ridwan Kamil untuk Baim Wong soal HAKI Citayam Fashion Week : dicabut saja!

Lonjakan kasus cacar monyet telah dilaporkan sejak awal Mei 2022 di luar negara-negara Afrika Barat dan Tengah.

Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa secara global, kasus cacar monyet telah menginfeksi 16.000 orang, yang dilaporkan di 75 negara. Keadaan ini telah memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global.

Khusus WHO wilayah Asia Tenggara, empat kasus cacar monyet telah dilaporkan, tiga dari India dan satu dari Thailand.

Sementara di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa belum ada laporan mengenai kasus cacar monyet.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x