Indonesia Telah Mengkonfirmasi Virus Tersebut, Berikut Daftar Negara yang Tengah Dilanda Virus Cacar Monyet

- 28 Juni 2022, 09:17 WIB
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox.
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. /Pixabay.com/Alexandra_Koch

CERDIK INDONESIA- Organisani Kesehatan Dunia (WHO) dalam awal pekan ini mengumumkan terdapat 3.400 kasus cacar monyet dengan satu pasien yang meninggal.

Lebih 40 negara non-endemik telah mengkonfirmasikan kasus pertama wabah virus cacar monyet di wilayah mereka.

Empat diantaranya adalah negara Asia Pasifik yang sangat dekat dengan Indonesia.

Cacar monyet, yang tersebar lewat kontak dekat dan pertama kali ditemukan pada monyet itu menyebar pertama kali di Afrika barat dan tengah serta tak semasif saat ini.

Kini cacar monyet dilaporkan telah menyebar dibeberapa negara besar di dunia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sempat mengumumkan sembilan pasien yang dicurigai terinfeksi cacar monyet (monkeypox), tetapi semuanya kini terbukti secara klinis mengidap penyakit lain.

Dengan hasil diagnosa terhadap sembilan pasien yang ternyata mengidap penyakit lain itu, Indonesia dipastikan masih belum memiliki pasien reaktif cacar monyet.

Adapun pernyataan hasil diagnosa terhadap sembilan pasien yang terbukti mengidap penyakit lain, bukan cacar monyet, disampaikan oleh juru bicara Kemenkes, Mohammad Syahril.

"Rincian hasil pemeriksaan dari kasus yang dicurigai, sebanyak tujuh kasus terdiagnosa negatif PCR orthopoxviridae, satu kasus menderita pemfigoid bulosa, dan satu kasus varicella," ujar Mohammad Syahril, jubir Kemenkes dalam pernyataan pers pada Jumat, 24 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x