Sanggar Seni Dolok Sipiak Lahir Karena Ingin Melestarikan Seni di Danau Toba

- 9 Agustus 2021, 18:48 WIB
Seni Dolok di Danau Toba
Seni Dolok di Danau Toba /

CerdikIndonesia - Kehadiran Sanggar seni Dolok Sipiak  sebagai Wadah dan sarana kaum muda mengekspresikan jiwa seninya, menghiasu dan mengisi eksotisme daya tarik wisata ke Danau Toba, khususnya Parapat Ajibata sehingga ikut menggairahkan minat para pengunjung.

Agendanya Sanggar Seni Dolok Sipiak adalah menjadikan sarana dan lokasi seni sebagai tujuan wisata yang bisa memanjakan mata setiap para pengunjung dengan pesona Danau Toba dari Jendela Parapat, Kelurahan Tigaraja, kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Hal itu di sampaikan Pembina Rumah Sanggar seni Dolok Sipiak Corry P Panjaitan kepada awak media, Sabtu 07 Agustus 2021 bahwa Dolok Sipiak memiliki peran dan tanggung jawab dalam melestarikan kesenian tradisional demi menarik Daya Tarik Wisata ke Danau Toba.

Baca Juga: Arya Pering Ambirawa Kembali Terpilih Menjadi Ketua Umum Dalam Kongres Nasional IHGMA II di Danau Toba

 

"sebagai wadah, tempat bernaung dan belajar sejumlah kaum muda yang berjiwa seni, termasuk media edukasi baik pendidikan maupun latihan mengkolaborasi seputar seni dan budaya melalui pertunjukan yang ditekuni, dan juga sebagai media hiburan bagi masyarakat sekitar dan peminat seni sekaligus tempat bersilaturahmi para insan muda berjiwa seni se Parapat dan Danau Toba." Ungkap Corry.

 

Awal Mula Sanggar Seni Dolok Sipiak

Banyak tantangan dihadapi Rumah Sanggar Seni Dolok Sipiak sejak berdiri mulai dari titik nol hingga menjadi salah satu komunitas yang menampung dan menggali bahkan menampilkan kreatifitas pelaku seni di Parapat Ajibata saat ini.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x