Menparekraf Sandiaga Uno Kuncurkan Bantuan Insentif Pemerintah di Daerah Danau Toba, Segini Jumlah Uangnya

- 12 Juni 2021, 08:10 WIB
Pemerintah kembali kucurkan BIP Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Pemerintah kembali kucurkan BIP Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /

CERDIKINDONESIA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya memulihkan sektor pariwisata Indonesia dengan meluncurkan program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dalam rangka penambahan modal kerja dan kapasitas usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Fajar Hutomo Deputi Bidang Industri dan Investasi melalui teleconference (daring) saat membuka acara sosialisasi Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2021 di Labersa Toba Hotel & Convention Centre, Jumat 11 Juni 2021.

 

Selanjutnya dalam offline hadir Hanifah Makarim Direktur Akses Pembiayaan kemenparekraf mengatakan pada tahun ini pemerintah menggelontorkan BIP dengan total 64 Milliar dan telah di buka sejak 4 Juni sampai 4 juli 2021 dengan dua kategori yaitu BIP Reguler dan BIP JPU (Jaring Pengaman Usaha).

 

Baca Juga: Dorong Akselerasi ITMP untuk Pemulihan Pariwisata Danau Toba, Sandiaga Uno: Harus Berfokus pada Eco Tourism

"BIP Reguler diperuntukkan penambahan modal/investasi aktiva tetap dalam meningkatkan produksi bagi pelaku parekraf yang berbadan usaha dengan plafon proposal maksimal Rp. 200 juta/badan usaha/pemilik sedangkan BIP JPU  diperuntukkan bagi usaha skala kecil yang terdampak pandemi yang hanya memiliki NIB atau belum berbadan usaha dengan maksimal plafon proposal maksimal Rp. 20 juta/orang/usaha," ungkapnya.

 

Program BIP bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif meliputi 13 jenis usaha sub sektor pariwisata sesuai UU No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Halaman:

Editor: Safutra Rantona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x