Pasca Insiden KMP Ihan Batak, Kapal ASDP Ambarita Belum Beroperasi, Kendaraan Menumpuk di Pelabuhan Ajibata

- 5 Juni 2021, 14:18 WIB
Sejumlah kendaraan menumpuk di pelabuhan Ajibata dan Ambarita, pasca insiden terceburnya satu unit mobil Avanza dari KMP Ihan Batak.
Sejumlah kendaraan menumpuk di pelabuhan Ajibata dan Ambarita, pasca insiden terceburnya satu unit mobil Avanza dari KMP Ihan Batak. /Feri Ndraha

CerdikIndonesia - Sejumlah wisatawan yang hendak menyebrang menggunakan Kapal Motor Penyebrangan menuju Pelabuhan di Kabupaten Samosir mengeluh dan kesal karena terlalu lama mengantri di Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, pada Jumat, 4 Juni 2021

Hal ini dikarenakan hingga kini, sejak tragedi nyaris tenggelamnya Mobil dari KMP Ihan Batak yang sedang bongkar muat di pelabuhan Ambarita, mengakibatkan pihak ASDP dan BPTD Wil II Sumut menutup sementara kedua pelabuhan Ajibata dan Ambarita karena kapal sedang di police line di pelabuhan sandar Ambarita guna tahap penyelidikan.

Baca Juga: Insiden Terceburnya Mobil di Perairan Danau Toba dari KMP Ihan Batak, Begini Hasil Penyelidikan Sementara

Sedangkan Kapal Motor Penyebrangan (KMP) yang beroperasi untuk mengangkut kendaraan yang hendak menyebrang menuju Kabupaten Samosir hanya terlihat satu unit KMP milik perusahaan swasta, akibatnya antrian panjang mobil memanjang di sepanjang bahu jalan di Kota Ajibata.

M.Sagala, salah satu pengguna jasa penyebrangan yang hendak menghadiri pesta di Kabupaten Samosir harus rela mengantri berjam-jam dan membuat dirinya cukup kecewa dan terpaksa balik kanan menuju pelabuhan Tigaras.

Sementara salah satu wisatawan yang hendak berlibur ke Pulau Samosir sangat menyayangkan kebijakan penutupan sementara Kapal Motor Penyeberangan oleh Pihak terkait.

Baca Juga: Hasil Penyelidikan Kasus KMP Ihan Batak Sebut Kecelakan Terjadi Karena Mesin Kapal Mati

"Pemberhentian sementara Kapal ASDP ini membuat kita cukup kecewa dan menambah hancurnya Pariwisata Danau Toba,"ujar Acin Warga Medan ini.

Acin juga menyayangkan kebijakan pemerintah kenapa harus ditutup operasional kapal ASDP itu.

Halaman:

Editor: Kurniawan Rio


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x