Muncul 'Sinkhole' Lubang Raksasa yang Terus Meluas di Meksiko, Berdiameter Sekitar 60 Meter

- 4 Juni 2021, 09:00 WIB
sinkhole meksiko
sinkhole meksiko /

CERDIKINDONESIA - Sebuah lubang raksasa (sinkhole) berdiameter sekitar 60 meter muncul di Santa María Zacatepec, negara bagian Puebla, Meksiko Tengah.

Lubang raksasa tersebut ditemukan di ladang petani dengan kedalaman sekitar 20 meter. Luasnya terus membesar dan mengancam keberadaan rumah di sekitar ladang tersebut.

Gubernur Negara Bagian Miguel Barbosa Huerta mengatakan bahwa keluarga yang tinggal di dekat ladang tersebut telah dievakuasi. Ia juga mengingatkan penduduk setempat untuk segera meninggalkan lokasi tersebut.

Baca Juga: Hasil Penyelidikan Kasus KMP Ihan Batak Sebut Kecelakan Terjadi Karena Mesin Kapal Mati

Magdalena dan Heriberto Sánchez selaku pemilik rumah mengatakan bahwa sekitar jam 6 mereka mendengar suara gemuruh sebelum menemukan lubang raksasa di belakang rumahnya. Merea tidak mengira bahwa asalnya dari lubang tersebut.

“Ketika mertua saya menyadarinya dan ketika saya mendekat, saya melihat bumi tenggelam dan bagaimana airnya menggelegak dan saya panik,” Ungkap Magdalena.

Sekretaris Lingkungan Wilayah Meksiko Beatriz Manrique mengatakan lubang tersebut pertama kali ditemukan hanya berdiameter 5 meter. Kemudian meluas dengan cepat hanya dalam beberapa jam.

Baca Juga: Drama 'Hospital Playlist' Rilis Poster Dengan Tema Yang Lebih Rileks

"Kami pikir itu mungkin kombinasi dari dua faktor: pelunakan lapangan, seluruh area sedang dibudidayakan, serta ekstraksi air tanah, yang melunakkan lapisan tanah," kata Manrique.
 
Pejabat dari badan publik termasuk Komisi Air Nasional akan melakukan penyelidikan mengenai fenomena Sinkhole tersebut. Proses ini termasuk dalam studi tanah, dan diperkirakan akan memakan waktu hingga 30 hari.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x