Nadiem Serahkan Sertifikat Inskripsi Tradisi Pencak Silat UNESCO kepada Komunitas

- 12 Desember 2020, 14:49 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim /Instagram/@nadiemmakarim

CERDIK INDONESIA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyerahkan sertifikat inskripsi tradisi pencak silat dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO kepada komunitas pencak silat.

“Tepat setahun yang lalu, melalui sidang ke-14 UNESCO menetapkan pencak silat sebagai budaya adiluhung Indonesia. Pencak silat secara resmi masuk Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity,” ujar Nadiem dalam siaran virtual yang dipantau di Jakarta, Sabtu 12 Desember 2020.

Baca Juga: Mendikbud Tidak Wajibkan Siswa Untuk Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Nadiem mengatakan sejak 2008, sejumlah warisan budaya Indonesia masuk ke dalam warisan budaya tak benda UNESCO mulai dari keris, noken, subak, pinisi, wayang, angklung, tari Saman, program pelatihan dan pendidikan batik dan lainnya.

“Ini merupakan bentuk pengakuan dunia luar terhadap kebudayaan Indonesia. Tradisi diturunkan dari generasi ke generasi dan masih berkembang hingga saat ini,” kata dia lagi.

Nadiem juga menekankan bahwa sudah menjadi tugas bersama untuk menjaga nilai, makna serta filosofi yang terkandung menjadikan pencak silat. Pencak silat mengajarkan untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan.

Baca Juga: Mendikbud Luruskan Salah Persepsi Soal Sekolah Tatap Muka 2021

Meskipun pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting adalah pencak silat juga mengajarkan kita untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada sesepuh, pendekar, pelestari pencak silat dimanapun berada. Berkat bapak ibu, pencak silat dapat diwariskan kepada generasi bangsa sebagai medium penguatan karakter,” tambah dia lagi.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah