Status Kehalalan Vaksin Sinovac yang Tiba Sebanyak 1,2 Juta Dosis

- 7 Desember 2020, 09:53 WIB
Proses bongkar muat 1,2 juta dosis vaksin dari Sinovac.
Proses bongkar muat 1,2 juta dosis vaksin dari Sinovac. /Sekretariat Presiden/Tangkap layar Youtube

CerdikIndonesia – Vaksin pertama yang dipesan Pemerintah Indonesia dari China telah mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020, pukul 21.23 WIB. Polemiknya, masyarakat mempertanyakan kehalalan vaksin tersebut.

Baca Juga: Vaksin Pertama Tiba di Indonesia, Jokowi: Satu Kabar Baik Mencegah Laju Covid-19

Khususnya di jagat media sosial Twitter, tagar #sinovac naik jadi trending. Tak sedikit yang berkomentar perihal kehalalan vaksin yang rencananya mulai diberikan di awal 2021 itu.

Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim tentu sangat wanti-wanti dengan kehalalan suatu produk. Kedatangan vaksin Sinovac menjadi sebuah harapan sekaligus pertanyaan besar akan status halalnya.

Baca Juga: Dari BTS Sampai Rizky Febian, Berikut Daftar Lengkap Pemenang MAMA 2020

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito menyatakan aspek mutu vaksin Sinovac telah memenuhi syarat untuk mendapat label halal.

"Alhamdulillah dari aspek mutu dari hasil yang didapatkan inspeksi BPOM, Biofarma dan Majelis Ulama Indonesia, aspek halalnya bisa dikatakan sudah memenuhi, sudah sesuai aspek obat yang baik," kata Penny dalam keterangannya.

Baca Juga: 1,2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Asal Tiongkok Tiba di Indonesia

Sampai saat ini, BPOM belum mengambil kesimpulan sehingga memberikan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) vaksin Covid-19. Perlu keseksamaan lebih lanjut untuk memberi EUA bagi Sinovac.

Menurut Penny, BPOM akan terus memantau perkembangan uji klinis vaksin Sinovac dalam tiga bulan ke depan.

Baca Juga: Pakar Hukum Dukung Koruptor Dihukum Mati

"Aspek keamanan akan terus kita pantau selama tiga bulan, nanti enam bulan penuh ke depan. Kita butuh vaksin yang tidak hanya bermutu dan aman, tapi juga efektif, memiliki khasiat yang baik," katanya.

Halaman:

Editor: Arjuna

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x