Warga Terdampak Gempa Palu Perlahan Bangkit dan Rintis Usaha

- 5 November 2020, 07:22 WIB
gempa bumi
gempa bumi /

CerdikIndonesia - Dalam rangka pembinaan pendampingan ekonomi di daerah pascabencana wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tadulako untuk meningkatkan perkembangan perekonomian di wilayah terdampak.

Baca Juga: BNPB Dukung Kesiapsiagaan Pemprov DKI Hadapi Potensi Bencana di Musim Hujan

Kegiatan tersebut berupa pembinaan pendampingan ekonomi di daerah pascabencana wilayah Sulawesi Tengah merupakan keberlanjutan dari program pendampingan ekonomi pada tahun 2019 yang lalu yang dilaksanakan pada empat kabupaten /kota pascabencana yaitu Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan Pembinaan Pendampingan Ekonomi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok usaha masyarakat sehingga mampu memulihkan dan meningkatkan ekonomi, pendapatan serta kesejahteraan masyarakat di daerah pascabencana.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Karena Cinta' Dari The Junas Monkey

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja sama Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT menuturkan bahwa kerja sama tersebut sangat bermanfaat untuk membangkitkan kembali kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Kota Palu dari keterpurukan pascabencana alam yang terjadi. 

"Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, ini dilihat dari hasil produksi yang meningkat cukup signifikan. Ke depannya diharapkan kegiatan ini dapat mencapai tujuan bersama yaitu mengembangkan industri di daerah, meningkatkan daya saing dan kreatifitas pelaku usaha, meningkatkan kualitas UMKM serta meningkatkan potensi Daerah," ucap Amar saat membuka Seminar Laporan Akhir Kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Ekonomi di Jakarta, Selasa (3/4).

Baca Juga: Lirik Lagu 'Cantik' Oleh Kahitna

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi (PPSE) dan Sumber Daya Alam (SDA) Yolak Dalimunthe menjelaskan, terdapat beberapa tahapan kegiatan Pembinaan Pendampingan Ekonomi yang telah dilakukan BNPB antara lain persiapan, koordinasi dan sosialisasi ke Pemerintah Daerah, bimbingan teknis, peningkatan kapasitas kelompok usaha masyarakat/bentuk studi banding, fasilitasi legalitas kelompok usaha, temu bisnis dan rapat koordinasi, dan hari ini merupakan tahap akhir yaitu ekspose laporan akhir kegiatan. 

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x