Hasanuddin Angkat Bicara Terkait LGBT di Lingkungan TNI

- 16 Oktober 2020, 21:54 WIB
TNI
TNI /Instagram/@pasukan_tempur_/PortalSurabaya.com

CerdikIndonesia - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin angkat bicara terkait fenomena kelompok lesbian gay biseksual transgender (LGBT) di kalangan TNI/Polri. Bagi Hasanuddin, isu LGBT di kalangan aparat, khususnya TNI bukanlah hal baru.

"Sejak dulu ada isu LGBT khususnya di kalangan TNI sudah ada, walaupun tidak seheboh seperti sekarang ini. Dan fenomena LGBT merupakan kenyataan yang ada di dalam masyarakat dan terus menjadi polemik serta perbincangan publik," kata Hasanuddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/10).

Baca Juga: Skenario Kerusuhan 1998 dalam Unjuk Rasa Tolak UU Ciptaker

Dirinya menilai, isu LGBT di kalangan TNI merupakan isu yang cukup sensitif dan harus dicarikan solusi terbaiknya. Ia menegaskan, hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab para pimpinan TNI.

Berdasarkan pengalamannya, tugas pokok dan fungsi TNI memang menuntut kerja sama kelompok serta dibutuhkan ikatan dan jiwa korsa tinggi. 

Sebab, itu membutuhkan homogenitas sifat dan karakter dalam rangka menjaga kohesi dan kebersamaan dalam melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Pasien Kesehatan Mental Terus Bertambah Selama Pandemi Covid-19

"Saya tidak bisa membayangkan kalau kemudian di kelompok kecil itu muncul LGBT yang dapat mengganggu homogenitas. Jadi sesungguhnya LGBT tidak cocok dan terlarang di lingkungan TNI," ujar Hasanuddin.

TNI menegaskan akan menerapkan sanksi tegas terhadap prajurit yang berperilaku menyimpang. Sanksinya diproses hukum dan pemecatan dari dinas militer secara tidak hormat.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x