Serahkan Bantuan ke Penyandang Disabilitas, Kemensos: Anak-Anak Ini Spesial!

- 14 Oktober 2020, 19:15 WIB
Ilustrasi disabilitas netra.
Ilustrasi disabilitas netra. /Pixabay/Stefano Ferrario/

CerdikIndonesia - Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial RI, Grace Batubara terus menyuarakan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Salah satu komunitas penyandang disabilitas yang mendapat perhatian adalah  Indonesia Rare Disorder (IRD). 

 

IRD adalah perkumpulan orang tua atau keluarga yang memiliki anak-anak dengan kelainan genetika sejak lahir yang berdampak pada gangguan fungsional pada kehidupan sehari-hari. 

 Baca Juga: Selamat, 4 Anak Indonesia Suarakan Idenya di ASEAN Children Forum, Paparkan Tentang Mental Health

Kepada komunitas ini, Grace Batubara menyerahkan 50 paket bantuan pemenuhan kebutuhan dasar pada orang tua anak. Selain itu, Grace Batubara juga menyerahkan bantuan berupa mainan dan makanan, serta kebutuhan khusus lainnya sesuai kondisi anak. Paket bantuan kebutuhan dasar tersebut terdiri dari beras, biskuit, minyak goreng, mie instan, sarden, susu kental manis serta sabun mandi isi ulang.

 

Menurut Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Eva Rahmi Kasim, penyaluran bantuan ini berasal dari refocusing anggaran Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas. Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis kepada 3 anak penyandang disabilitas yang mengalami Seckel Syndrome, Duchenne Muscular Dystropy (DMD) dan Sindrome Mata Biru. 

 Baca Juga: Indonesia Punya 903 RS Rujukan Covid-19, Kemenkes Jamin Ketersediaan Ruang Isolasi Masih Memadai

Kelainan ini berdampak pada tumbuh kembang anak serta gangguan fungsional dalam kehidupan sehari hari seperti bergerak, berbicara, melihat, mendengar dan bahkan juga ketergantungan yang tinggi pada alat bantu. hal ini dikarenakan anak dengan rare disorder mengalami gangguan yang bersifat progresif.

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x