Menko PMK: Pers Harus Bangun Empati Nasional di Tenga

- 14 Oktober 2020, 18:13 WIB
GEDUNG Dewan Pers di Jl. Kebon Sirih, Jakarta , Jakarta.***
GEDUNG Dewan Pers di Jl. Kebon Sirih, Jakarta , Jakarta.*** /

CerdikIndonesia - Peran dan kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan saat pandemi. Masyarakat apalagi insan pers harus menjadi bagian dalam upaya membangun bangsa melalui rasa kepedulian dan empati nasional.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pers memiliki sudut pandang yang luas. Informasi yang disampaikan seyogianya mampu mencerminkan nilai-nilai persatuan bagi bangsa.

Baca Juga: UU Cipta Kerja Banjir Penolakan dari Masyarakat, Puan Maharani: Demi Percepat Kemajuan Indonesia

"Di tengah pandemi, SDM pers yang bermutu dan berkompetensi tinggi merupakan sebuah keniscayaan. Pers harus menjadi bagian dalam membangun empati nasional untuk membangun negara di tengah Covid," ujarnya saat menjadi pembicara utama di acara peluncuran Siberindo.co melalui daring, Sabtu (10/10).

Muhadjir menekankan bahwa bangsa Indonesia harus segera bangkit dan memulihkan luka sosial serta ekonomi akibat pandemi. Salah satu yang dilakukan pemerintah ialah secara intens segera merealisasikan Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca Juga: MUI Kaji Kehalalan Vaksin Covid-19, Didasarkan 2 Fatwa, Ini Penjelasannya!

"Dunia pers maupun dunia media digital dapat memetik manfaat sebaik mungkin dari UU Cipta  Kerja tersebut. Di samping sebagai penyuluh, penyebar, ataupun penampung informasi," ucapnya.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, sejatinya pemerintah terus berupaya memperluas lapangan kerja dan fokus meningkatkan kualitas angkatan kerja Indonesia agar dapat bersaing.

Baca Juga: Antisipasi Bencana Hidrologi, Langkah Kemenhub: Memetakan Bandara Rawan Tsunami Salah Satunya

Halaman:

Editor: Shela Kusumaningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x