Ganjar Ingin Wadas-Rembang Dibahas dalam Debat Pilpres 2024

- 14 Januari 2024, 21:03 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendengarkan aspirasi saat menghadiri Demokr(e)asi di Jakarta pada Senin, 8 Januari 2024.
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendengarkan aspirasi saat menghadiri Demokr(e)asi di Jakarta pada Senin, 8 Januari 2024. /Antara/Hafidz Mubarak A/

CERDIK INDONESIA - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyarankan agar pembangunan tambang batu andesit di Wadas dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah bisa dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu, 21 Januari 2024.

"Sebaiknya dibahas (persoalan semen Rembang dan bendungan Wadas dalam debat keempat)," ujar Ganjar di Pos Bloc, Jakarta, Minggu, 14 Januari 2024.

Menurutnya, kedua proyek pembangunan tersebut kerap dijadikan bahan kritik atas tindakannya selama menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah selama 2013-2023. Oleh karena itu, debat keempat nanti bisa dijadikan kesempatan untuk memberikan klarifikasi.

Dia menjelaskan dua pembangunan yang kerap dikritisi itu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebagai gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Ganjar mengakui harus menyelesaikannya sebagai tanggung jawab.

Di saat yang sama, dia juga mengaku bersyukur karena kedua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap mendapat penolakan dan kritik. Selain itu, Ganjar merasa ada keputusannya yang berpihak pada lingkungan hidup namun seringkali tidak dipublikasikan.

Dia mengaku sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan merupakan PSN.

"(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan," katanya.

Ada sejumlah tema besar yang diangkat pada debat keempat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum mengumumkan lokasi penyelenggaraan debat keempat. Nama moderator dan panelis juga belum disampaikan.***

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x