Anies Sebut Tidak akan Melaporkan Umpatan dari Prabowo

- 11 Januari 2024, 19:52 WIB
Prabowo Subianto (kiri) Anies Baswedan (kanan) dalam debat capres
Prabowo Subianto (kiri) Anies Baswedan (kanan) dalam debat capres /Foto: Antara/Boltim News/

Calon Presiden Indonesia Anies Baswedan mengaku tidak melaporkan umpatan yang dilontarkan Calon Presiden Indonesia, Prabowo Subianto, bahkan akan dibiarkan begitu saja karena ini merupakan iklim demokrasi.

"Enggak (tidak akan melaporkan). Menurut saya begini, ini adalah proses demokrasi justru bagian dari penilaian bagi seluruh masyarakat," kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2024.

Anies mengatakan bahwa sudah sering menyampaikan bahwa pemerintah tidak boleh antikritik. Pada saat ini merupakan prosesnya.

Untuk itu, pihaknya tidak akan melaporkan siapa pun terkait umpatan maupun kritikan karena negara Indonesia merupakan negara demokrasi.

"Kemarin 'kan beberapa kali saya sampaikan, kita ingin demokrasi ada kebebasan untuk mengkritik pemerintah. Pemerintah tidak boleh antikritik, pemerintah tidak boleh antisanggahan, sekarang sedang dalam proses," tuturnya.

Menurut dia, pada masa kampanye seperti saat ini semua kandidat harus menerima kritikan, sanggahan dari siapa pun, dan ini merupakan bagian dari pemanasan.

Saat berkampanye di Pekanbaru, Riau, Prabowo mengatakan ada pihak yang mempermasalahkan kepemilikan tanah. Mentri pertahanan itu pun mempertanyakan kemampuan kepintaran pihak yang menyinggung masalah tersebut

"Ada pula yang nyinggung-nyinggung punya tanah berapa, punya tanah ini. Dia pintar atau goblok sih? Dia mengerti enggak ada HGU, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, itu tanah negara saudara," kata Prabowo saat berorasi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) pada Senin, 13 November 2023 memutuskan tiga calon presiden dan wakil presiden yang akan mengikuti Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Halaman:

Editor: Yuan Ifdal Khoir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x