Anies Baswedan: Pemerintah Sekarang Cuma Beri Rakyat 2 Tugas yaitu saat Pemilu dan Bayar Pajak

- 30 September 2023, 20:21 WIB
Anies Baswedan Kandidat Capres partai NasDem
Anies Baswedan Kandidat Capres partai NasDem /

CERDIK INDONESIA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, dalam pidatonya mengungkapkan upayanya untuk menyelesaikan masalah sistemik, termasuk masalah lingkungan.

Anies mengungkapkan bahwa sebagian besar masalah lingkungan di Indonesia disebabkan oleh tindakan pemerintah dan perusahaan besar di negara ini.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencatat bahwa masyarakat memiliki potensi untuk berkolaborasi dalam memecahkan masalah lingkungan dan proyek pembangunan.

“Urusan lingkungan itu justru sebaliknya. Lingkungan kita banyak persoalan muncul karena negara. Karena pelaku-pelaku besar di sini, justru sekarang saatnya untuk give the oppurtunity for the people untuk involve, engage, dan action,” kata Anies  saat menjadi pembicara di Idea Fest 2023, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Sabtu, 30 September 2023 dilansir dari Pikiran Rakyat.

Baca Juga: Jabat Gubernur DKI Jakarta 5 Tahun dan Kini Maju Capres 2024, Segini Harta Kekayaan Anies Baswedan

Anies menganggap bahwa masalah lingkungan seringkali berasal dari tindakan pemerintah dan perusahaan besar, dan saatnya memberikan peluang kepada masyarakat untuk terlibat, berpartisipasi, dan bertindak.

Anies juga mencatat bahwa saat ini pemerintah enggan untuk berkolaborasi dengan masyarakat, padahal pemerintah tidak boleh mengklaim kepemilikan eksklusif atas masalah yang ada.

Anies Sebut Seharusnya Negara Memberikan Kepercayaan kepada Masarakat

Menurut Anies, seharusnya negara memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk bersama-sama mencari solusi atas masalah seperti lingkungan. Dia percaya bahwa masalah lingkungan bisa diatasi melalui kerjasama aktif masyarakat.

Anies berpendapat bahwa pendekatan yang benar adalah kolaborasi, yang melibatkan semua pihak.

Halaman:

Editor: Raqsan Jani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x